Senin, 11 Nov 2019 16:42 WIB

Kisah Wanita 63 Tahun yang Selalu Terdengar Lagu di Telinganya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Telinga berdenging (Foto: iStock) Telinga berdenging (Foto: iStock)
Jakarta - Sebelum tahun 2010, Susan Root (63) hanyalah wanita biasa yang suka mendengarkan lagu. Suatu hari saat sedang bekerja, ia mendadak terus-terusan 'memutar' lagu zaman kecil favoritnya di telinganya, tanpa berhenti.

Wanita yang bekerja sebagai tukang bebersih sekolah tersebut mendengar lagu 'How Much is That Doggie in the Window', lagu favotitnya semasa kecil. Dikutip dari BBC, hal tersebut malah membuatnya ketakutan, bahkan lagu itu terus terputar di telinganya hungga bertahun-tahun sampai ada beberapa nada yang kadang ia dengar juga mengikuti.

Susan telah mencoba memeriksakan ke dokter spesialis hingga menjalani beberapa operasi, akan tetapi fenomena aneh ini tak juga sembuh. Dokter menyebut ia mengidap bentuk langka dari tinnitus atau denging telinga yang disebut musical tinnitus atau juga dikenal sebagai halusinasi musik.



"Kondisi ini menyebabkan banyak yang kesulitan tidur di malam hari yang membuat Susan frustasi sampai puncaknya. Baik ia dan suaminya kesakitan mengobrol tanpa musik tersebut menutupi obrolan mereka," demikian dilaporkan The Telegraph.

Menurut American Tinnitus Association, tinnitus adalah persepsi suara saat sebenarnya tak ada suara yang muncul. Hal ini disebabkan suaranya tak didengar oleh yang lain selain si pengidap sehingga cukup subjektif.

Biasanya tinnitus muncul dalam bentuk suara denging, suara tiupan, degupan, bisikan, atau deburan ombak. Meski banyak peneliti sedang mengejar banyak studi soal penanganannya, hingga kini belum ditemukan obat dari tinnitus.

Untuk bisa mengendalikan kondisinya, Susan menyebut kadang ia mendengarkan suara kicauan burung atau paus untuk merilekskan pikirannya. Dia telah menerima ia harus hidup dengan halusinasi musik seumur hidupnya.



Simak Video "Jangan Pakai Cotton Bud, Ini Cara Atasi Telinga Tersumbat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)