Senin, 11 Nov 2019 22:00 WIB

Hindari! 5 Makanan yang Bisa Bikin Tidur Tak Nyenyak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Hindari makanan berikut sebelum tidur. (Foto: iStock) Hindari makanan berikut sebelum tidur. (Foto: iStock)
Jakarta - Tidur nyenyak dan cukup adalah impian semua orang. Namun terkadang tanpa sadar ada makanan dan minuman yang kita makan mengganggu nyenyaknya tidur kita, apalagi jika kita konsumsi sebelum tidur.

Dikutip dari Live Strong, berikut adalah 5 makanan dan minuman yang bisa mengganggu proses tidur nyenyakmu dan apa yang harus dikonsumsi sebagai penggantinya. Hindari mengonsumsinya sebelum makan.


1. Alkohol

Minum alkohol sebelum tidur mungkin terdengar masuk akal karena bisa membantumu lebih rileks. Namun dampaknya justru buruk karena bisa membuatmu terbangun di tengah tidur dan bahkan kesulitan untuk kembali memejamkan mata.

Ganti alkohol dengan segelas susu hangat. Susu mengandung asam amino triptofan yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Jika kamu tak menyukai susu, kamu bisa mencoba jus ceri (tentunya bukan yang kemasan penuh dengan gula) karena melatonin dalam buah ceri bisa membantumu mengantuk lebih cepat, menurut National Sleep Foundation.

2. Cokelat

Berita buruk bagi para pecinta cokelat, karena ngemil cokelat sebelum tidur bukanlah ide yang bagus. Karena ada kandungan kafein, semakin tinggi konsentrasi kakao maka semakin tinggi kafeinnya, dan juga adanya theobromine dalam jumlah besar yang juga bisa membuatmu malah melek.

Ganti cemilan malammu dengan makanan kaya akan karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, karena bisa membuatmu cepat mengantuk. Hal ini disebabkan karbohidrat meningkatkan kadar insulin yang menghasilkan peningkatan asam amino yang penting untuk memproduksi neurotransmitter seperti serotonin.

3. Kentang goreng

Nyam, kentang goreng sebelum tidur karena makan malam yang terlambat sepertinya sangat nikmat. Tetapi makanan tinggi lemak seperti kentang goreng membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, dan juga bisa menyebabkan kentut, mulas, dan sembelit. Sehingga mengonsumsi makanan berlemak bisa membuat pencernaanmu menjadi tak nyaman, tentu saja akan mengganggu tidurmu kan?

Sebagai gantinya, kamu bisa membuat 'kentang goreng' versi sehat, seperti dari ubi yang dipanggang. Sama seperti oat, karbo kompleks yang ada di dalam ubi bisa menaikkan produksi serotonin, yang bagus untuk mempercepat rasa kantuk.



4. Pizza

Pizza untuk makan malam? Bukan ide yang bagus jika kamu ingin tidur yang nyenyak malam ini. Keju tinggi lemak yang bisa membuatmu kembung, saus tomat yang bisa menyebabkan refluks asam karena tinggi kandungan asam malik dan sitrat.

Untuk menggantinya, konsumsi roti gandum utuh dan olesi dengan keju cottage atau susu kambing. Makanan yang kaya akan protein tanpa lemak mengandung asam amino triptofan, yang bisa mendorong kadar serotonin.

5. Es krim

Tinggi lemak dan gula, es krim bukanlah makanan yang tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Tambahan gula bisa membuatmu melek dan berenergi, sementara tubuhmu akan mengolah lemak lebih lama.

Butuh pengganti es krim? Kamu bisa menggantinya dengan yogurt rendah gula tanpa rasa, dan memberi sedikit madu.



Simak Video "Pakai Kaus Kaki Untuk Tidur Lebih Nyenyak"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)