Selasa, 12 Nov 2019 14:01 WIB

Hari Kesehatan Nasional, Menkes Singgung Pembenahan JKN

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Masih banyak permasalahan dan tantangan pembangunan kesehatan, salah satunya JKN. (Foto: Pradita Utama) Masih banyak permasalahan dan tantangan pembangunan kesehatan, salah satunya JKN. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Hari Kesehatan Nasional 2019 mengusung tema Generasi Sehat Indonesia Unggul. Fokus pembangunan kesehatan dalam periode kali ini, sesuai amanat Presiden Joko Widodo, adalah pengentasan stunting dan pembenahan Jaminan Kesehatan Nasional.

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto dalam pidatonya menyebut dalam kurun lima tahun terakhir, pembangunan kesehatan telah dirasakan manfaatnya yang dinilai dari penurunan angka kematian ibu dan cakupan imunisasi. Meski demikian, menurutnya masih banyak permasalahan dan tantangan lain, khususnya JKN.

"Kita masih dihadapkan dengan kompleksitas masalah stunting, JKN, serta penyediaan layanan kesehatan dasar. Walaupun besar tantangan yang dalam penyelenggaraan JKN, peningkatan pemaanfaat JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia," sebut Menkes Terawan saat dijumpai pada agenda Hari Kesehatan Nasional, Selasa (12/11/2019).


Dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata, Menkes Terawan mengharapkan adanya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan juga membenahi tata kelola BPJS Kesehatan.

"Dalam pelaksanaan tata kelolanya, saya minta pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik dan benar," pungkasnya.



Simak Video "Obat HIV/AIDS Tersedia Gratis untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)