Rabu, 13 Nov 2019 18:02 WIB

Kelilipan Abu Rokok di Jalan Picu Trauma Thermal, Begini Pertolongannya

Michelle Natasya - detikHealth
Peringatan bahaya merokok (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth) Peringatan bahaya merokok (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta - Belakangan makin banyak ditemui pengendara motor yang berkendara sambil merokok. Hal ini tentu tidak hanya berbahaya bagi si pengendara tapi juga pengendara lain yang berisiko terkena abu rokok.

Kejadian ini bahkan sudah beberapa kali memakan korban. Namun nampaknya hal ini belum membuat kapok. Bahkan beberapa waktu lalu hal serupa terjadi lagi. Seorang pria mengalami pembuluh darah pecah di mata kirinya akibat terpapar abu dan bara rokok.

Menurut dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata subspesialis lensa kontak sekaligus Ketua Contact Lens Service JEC, abu dan bara rokok dapat menyebabkan trauma thermal apalagi ketika masih panas. Kelilipan debu rokok ini dapat menyebabkan infeksi yang berujung pada kebutaan jika tidak tertangani dengan baik.



"Abu ini kan benda asing. Apalagi kalau kena mata pas jarak dekat dan masih panas," kata dokter Tri saat ditemui detikcom, Rabu (13/11/2019).

Menurut dokter Tri, pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika mata terkena abu dan bara rokok yaitu mengguyurnya dengan air sampai perih hilang. Kalau tidak hilang juga, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.



Simak Video "Bersiteguh Vape Aman, Vaper Ramai-ramai Pamer Rontgen Dada"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)