Kamis, 14 Nov 2019 11:05 WIB

Bukannya Kenyang, Camilan Asin Bisa Bikin Haus dan Tambah Lapar

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih selama ini sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Namun bukan hanya itu, ternyata sering ngemil makanan asin juga bisa meningkatkan rasa haus dan lapar.

Sebut saja keripik kentang, keripik singkong, dan beberapa camilan yang memang selalu menggiurkan karena kelezatannya. Saat mengonsumsi makanan ini, seringkali Anda tanpa sadar sulit untuk berhenti ketika telah merasakan renyahnya di mulut.

Bersumber dari Hindustantimes, sebuah penelitian menemukan bahwa makanan asin mengurangi rasa haus dan meningkatkan rasa lapar, karena kebutuhan energi yang lebih tinggi. Hasilnya, yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Investigation, menunjukkan sesuatu yang berbeda, garam tetap ada dalam urin, sementara air kembali ke ginjal dan tubuh.


"Rasa asin pada makanan disebabkan olah kandungan natrium yang tinggi. Biasanya makanan yang terlalu asin ini tinggi kalori dan malah membuat rasa di lidah menjadi kering dan berasa haus sehingga seseorang akan menjadi banyak minum. Kalau makan asin terus menurus malah membuat beban ginjal dan jantung berlebih sehingga bisa menyebabkan hipertensi," jelas Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, kepada detikhealth baru-baru ini.

Menurut dr Muliaman, rasa asin, manis, pedas, adalah bentuk reaksi pengecapan dan tidak ada hubungan langsung terhadap rasa lapar. Tapi makanan yang terlalu manis juga biasanya membuat kadar gula darah terlalu cepat naik dan cepat juga turun sehingga membuat cepat lapar juga.

Menurut dr Muliaman, rasa kenyang yang lama bisa dipertahankan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya karbohidrat lepas lambat, protein tinggi dan serat, serta biji-bijian.

"Pilihlah camilan yang kalorinya terkontrol dan tidak membuat rasa lapar terlalu cepat. Pilih yang berasal dari biji-bijian multigrains dan serat tinggi seperti oat, barley, gandum, jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan atau snack," ujarnya.


dr Muliaman menambahkan, camilan seperti biji-bijian dan yang mengandung serat tinggi dapat mengontrol gula darah, agar tidak langsung meningkat tajam ketika dikonsumsi. Kombinasi grains ini disebut dengan mutigrains yang terdapat dalam camilan sehat seperti Fitbar dengan kalori terukur yang memberikan kenyang lebih lama.

Karena itu, mulai saat ini kurangi ngemil makanan asin. Anda bisa memilih camilan sehat, seperti Fitbar untuk menahan rasa lapar. Fitbar merupakan camilan multigrain yang enak dan sehat karena terbuat dari oat Australia, gandum utuh, dan quinoa. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Fitbar Chocolate, Fitbar Fruits, dan Fitbar Nuts.

Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)