Kamis, 14 Nov 2019 19:02 WIB

Manfaat Minum Air Kelapa di Tengah Musim Pancaroba

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Hujan berintensitas tinggi mulai terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Meski begitu, panas masih sesekali muncul di sela perubahan musim. Bagi sebagian orang, pergantian hujan dan panas bisa memicu penurunan kondisi kesehatan tubuh.

Selain itu, saat musim peralihan dari kemarau ke hujan dan sebaliknya, beberapa penyakit seperti diare hingga demam berdarah perlu diwaspadai. Pasalnya penyakit-penyakit ini selalu meningkat saat musim pancaroba.

Untuk menjaga agar sistem kekebalan tetap kuat, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting. Pola makan yang tidak mengandung nutrisi dapat menyebabkan berbagai kekurangan gizi dalam tubuh. Tak ada salahnya, menambahkan asupan air kelapa yang sangat menyegarkan dan sehat.


"Kandungan nutrisi dari air kelapa terdiri dari vitamin C dan beberapa jenis vitamin B seperti niacin, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan thiamin. Di samping itu juga mengandung mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sulfur, dan klorin, juga mengandung berbagai macam asam amino," jelas Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma Tbk, dr Helmin Agustina Silalahi, kepada detikhealth baru-baru ini.

Air kelapa memang sudah dikenal sejak dahulu kala untuk berbagai pengobatan dan masalah kesehatan seperti diare. Hal itu karena air kelapa mengandung jumlah elektrolit yang lebih banyak dari air putih sehingga bisa mempercepat pemulihan diare dan membuat perut terasa lebih nyaman.

Selain itu, air kelapa juga disebut-sebut sebagai penetral racun, cacingan, diare, gatal-gatal pada kulit, hingga demam baik usia anak-anak maupun orang dewasa.


"Bahkan dalam medis digunakan menjadi cairan infus untuk mengatasi dehidrasi dan tambahan nutrisi bagi bayi diare dan prajurit yang terluka saat perang dunia," pungkasnya.

Selain air kelapa, daging kelapa juga memiliki berbagai manfaat. Di antaranya mengandung tinggi serat, antioksidan, dan bisa memberikan energi untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Agar bisa mendapatkan manfaat air kelapa asli dengan lebih praktis, pilih Hydro Coco yang dibuat dari air kelapa asli. Hydro Coco juga mengandung antioksidan, vitamin A, C, dan E yang berfungsi untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

Simak Video "Berikut Tips Sehat di Musim Pancaroba"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)