Jumat, 15 Nov 2019 07:30 WIB

Gula Darah Naik Saat Pagi Hari, Coba Turunkan dengan Cara Ini (1)

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cara menurunkan gula darah saat pagi hari. Foto ilustrasi: Thinkstock Cara menurunkan gula darah saat pagi hari. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Umumnya, gula darah pada orang normal atau pengidap diabetes akan cenderung naik saat pagi hari. Ini disebabkan adanya perubahan hormon normal yang dilakukan tubuh setiap harinya.

Jika kamu tidak mengidap diabetes, tubuhmu hanya memproduksi lebih banyak insulin untuk menyeimbangkan hormon itu. Bahkan kamu sendiri tidak menyadarinya. Tapi, jika kamu termasuk penderita diabetes, tubuhmu tidak akan merespon insulin. Untuk mengendalikannya, kamu bisa melakukan diet ketat.

Selain diet, masih ada cara lain yang lebih mudah untuk menurunkan kadar gula darah, seperti yang dikutip dari situs Healthline.


1. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu otot untuk mengambil gula dari dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menurun.

Untuk mengetahuinya, coba cek gula darah secara rutin. Cara ini akan membantu kamu untuk mengontrol gula darah dalam tubuh ini.

2. Banyak minum air

Sebuah studi menunjukkan, tetap terhidrasi dengan banyak minum air dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes. Selain mencegah dehidrasi, ginjal akan membuang kelebihan gula yang ada dalam darah melalui urine.

3. Kendalikan tingkat stres

Stres dapat mempengaruhi kadar gula darah. Saat kamu merasa pusing karena berbagai masalah seperti pekerjaan, gula darah kamu akan cenderung naik.

Mengontrol tingkat stres melalui latihan atau metode relaksasi seperti yoga, dapat membantu untuk mengendalikannya dengan baik.

4. Tidur yang cukup

Tidak cukup tidur dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin tubuh. Kurang tidur juga melepaskan hormon pertumbuhan dan meningkatkan kadar kortisol. Keduanya sangat berperan penting dalam mengontrol gula darah.

Mulai sekarang perbaiki waktu tidurmu, kalau kamu tidak mau gula darahmu melonjak tinggi saat pagi harinya.

5. Menurunkan berat badan

Menjaga berat badan dan ukuran pinggang akan membantu kamu untuk mempertahankan kadar gula darah. Mengurangi 7 persen berat badan, dapat menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 58 persen. Ini bekerja lebih baik dibandingkan dengan obat-obatan.


Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)