Jumat, 15 Nov 2019 08:30 WIB

Gula Darah Naik Saat Pagi Hari, Coba Turunkan dengan Cara Ini (2)

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah gula darah melonjak di pagi hari. Foto ilustrasi: iStock Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah gula darah melonjak di pagi hari. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Saat pagi hari, gula darah yang ada pada tubuh akan cenderung naik. Kondisi seperti ini akan sangat berbahaya, terutama bagi penderita diabetes.

Biasanya untuk menekan gula darahnya turun, para pengidap diabetes dianjurkan untuk melakukan diet ketat. Hal ini mungkin akan membuat sebagian pengidapnya tertekan dan tidak mau menjalaninya.

Untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah, beberapa cara dari laman Healthline ini mungkin bisa dicoba.


1. Mengontrol asupan karbohidrat

Tubuh kita memiliki kemampuan memecah karbohidrat menjadi gula (sebagian besar glukosa). Kemudian, hormon insulin bertugas memindahkan gula tersebut ke dalam sel. Saat konsumsi karbohidrat terlalu banyak, proses tersebut akan gagal untuk dilakukan dan berdampak pada kadar glukosa dalam darah meningkat.

Banyak penelitian yang menunjukkan, bahwa melakukan diet karbohidrat dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegahnya untuk melonjak tinggi. Jika ingin terhindar dari diabetes, yuk kurangi asupan karbohidratnya.

2. Banyak mengkonsumsi serat

Serat bertugas untuk memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Keadaan ini akan meningkatkan kadar gula darah secara perlahan dan bertahap.

Serat terbagi menjadi dua jenis, ada yang larut dan tidak larut. Namun, untuk menurunkan gula darah, serat larut sudah terbukti berhasil. Bagi para penderita diabetes, disarankan untuk banyak mengkonsumsi serat seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Untuk takaran hariannya, pada wanita sekitar 25 gram dan pria 38 gram.

3. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik adalah tingkatan gula dalam suatu panganan, yang akan memberikan efek terhadap kadar glukosa darah. Dengan mengkonsumsi makanan dengan indeks yang rendah, dapat mengurangi kadar gula darah dalam jangka panjang pada penderita diabetes tipe 1 ataupun 2.

Contoh makanan yang rendah indeks glikemiknya, seperti makanan laut, daging, telur, kacang-kacangan, ubi jalar, dan jagung.

4. Kontrol terus kadar gula darah

Untuk menghindari lonjakan gula darah saat pagi hari, rutinlah untuk memeriksakannya ke dokter ataupun klinik yang menyediakan alatnya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan makanan, minuman, dan obat-obatan yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Ukur porsi asupan makanan

Mengontrol porsi makanan dapat membantu untuk mengatur asupan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Cara ini terbukti dapat mengurangi munculnya risiko diabetes tipe 2.

Untuk melakukannya, kamu bisa timbang porsi makan, gunakan piring yang lebih kecil, hindari restoran all-you-can-eat, baca label makanan dan periksa takaran bahannya, serta makan secara perlahan.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)