Jumat, 15 Nov 2019 10:34 WIB

Ingin Obati Mata Silinder Tapi Takut Operasi? Teknik Ini Bisa Dicoba

Michelle Natasya - detikHealth
Tak semua orang nyaman pakai kacamata (Foto: iStock) Tak semua orang nyaman pakai kacamata (Foto: iStock)
Jakarta - Sekarang ini tak asing lagi rasanya melihat anak-anak menggunakan kacamata. Penggunaan gadget yang terus meningkat di kalangan anak-anak membuat anak usia kecil sudah memiliki gangguan penglihatan.

Untuk berbagai alasan seperti aktivitas yang memerlukan gerak cepat dan alasan penampilan, menggunakan kacamata bisa sangat mengganggu bagi si buah hati. Nah, sebagai orang tua anda tak perlu khawatir. Cobalah prosedur orthokeratology atau ortho-K untuk mengembalikan mata anak menjadi normal tanpa operasi.

"Ortho-K ini bentuknya lensa kontak yang dipakai malam hari saat tidur. Minimal pemakaian 8 jam," jelas dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata subspesialis lensa kontak sekaligus Ketua Contact Lens Service JEC, saat ditemui detikcom, Rabu (13/11/2019).



Cara kerja lensa ini yaitu menekan kornea mata menjadi datar ketika mata terpejam sehingga ketika bangun tidur pada pagi hari minus mata sudah hilang. Namun, perlu diingat bahwa efek Ortho-K tidak permanen. Semakin sore, minus mata akan perlahan kembali seperti semula sehingga penggunaan lensa diperlukan lagi malam harinya.

Dokter Tri menyampaikan semua orang bisa menggunakan lensa Ortho-K, tidak ada batasan usia. Tapi, Ortho-K hanya efektif menghilangkan dan menghambat minus sampai dengan minus 6 dan silinder 2,5.

Untuk masalah biaya, prosedur Ortho-K membutuhkan dana kisaran 17 juta rupiah. Lensa Ortho-K mampu bertahan tiga sampai 4 tahun lamanya.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)