Jumat, 15 Nov 2019 11:00 WIB

Punya Riwayat Caesar seperti Mantu Jokowi, Adakah Peluang Melahirkan Normal?

Michelle Natasya - detikHealth
Jan Ethes tengah menantikan kelahiran sang adik (Foto: Andhika Prasetia/detikcom) Jan Ethes tengah menantikan kelahiran sang adik (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dan istrinya, Selvi Ananda sedang menantikan kelahiran anak kedua. Calon adik Jan Ethes ini diperkirakan berjenis kelamin perempuan. Bahkan, Gibran sudah mempersiapkan nama untuk anak keduanya.

Namun, Gibran masih enggan mengungkap kapan kemungkinan Selvi melakukan proses persalinan. Ia juga tidak mengungkapkan proses persalinan akan dilakukan dengan cara operasi atau normal.

Pada tahun 2016, Selvi melahirkan Jan Ethes secara caesar. Dengan riwayat melahirkan caesar, bagaimana peluang seorang ibu akan melahirkan normal alias per vagina?



Dalam wawancara dengan detikcom beberapa waktu lalu, dokter ahli kandungan dan kehamilan Dr dr Andon Hestiantoro, SpOG(K), MPH mengatakan bahwa ibu dengan riwayat bedah caesar mungkin saja melahirkan normal. Hal ini bisa dilakukan selama tidak ada indikasi yang menetap.

"Jarak kehamilan dengan persalinan berikutnya dianjurkan selang 18 bulan," kata dr Andon.

Dalam wawancara yang berbeda, dokter ahli kandungan dan kehamilan Prod Dr dr Budi Iman Santoso, SpOG(K), MPH, menyarankan sebaiknya ibu tidak melakukan caesar lebih dari dua kali. Hal ini terkait risiko dan stres menjelang caesar yang lebih besar daripada proses bersalin normal.



Simak Video "Melihat Proses Melahirkan dengan Operasi Caesar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)