Jumat, 15 Nov 2019 12:05 WIB

Gibran-Selvi Nantikan Anak ke-2, Ini 7 Tips Atasi Gelisah Jelang Melahirkan

Nurul Khotimah - detikHealth
Pasangan Gibran-Selvi tengah menantikan kelahiran anak kedua (Foto: Ray Jordan/detikcom) Pasangan Gibran-Selvi tengah menantikan kelahiran anak kedua (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Memasuki hari pesalinan beberapa ibu hamil biasanya mengalami kecemasan atau kekhawatiran terkait cabang bayinya. Hal ini juga mungkin dialami oleh menantu pertama presiden Jokowi, Selvi Ananda yang akan melahirkan anak kedua.

Cemas dan gelisah adalah hal wajar yang dialami oleh ibu hamil. Tetapi tingkat kecemasan yang tinggi selama kehamilan dikaitkan dengan risiko kondisi seperti preeklampsia, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.

Oleh karenanya untuk mengatasinya berikut tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dikutip dari Health Line:



1. Mengungkapkannya pada orang lain
Ketika merasa cemas selama kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk membicarakannya dengan orang lain. Seperti suami, sahabat, atau anggota keluarga Hal ini menjadikan pikiran lebih tenang dan rasa gelisah sedikit berkurang. Tahap lebih lanjutnya jika merasa terlalu gelisah bisa juga meminta dokter untuk merujuk Anda ke terapis yang terlatih untuk membantu mengatasi kecemasan.

2. Lakukan kegiatan fisik
Terlibat dalam kegiatan yang membantu mengurangi stres dan kecemasan mungkin merupakan pilihan yang baik. Kegiatan ini seperti melakukan beberapa kegiatan fisik yang ringan, misal yoga, berjalan, atau lakukan hal yang anda sukai. Apa pun yang membuat tubuh Anda bergerak dapat membantu mengurangi stress.

3. Olahraga otak
Selain melakukan kegiatan fisik, olah pikiran juga perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk menghilangkan stress atau cemas yang berlebihan. Hal ini bisa dilakukan dengan meditasi, akupuntur, pijat terapi, dan latihan pernapasan dalam.

American Institute of Stress merekomendasikan pernapasan dalam perut selama 20 hingga 30 menit per hari untuk membantu dengan kecemasan. Melakukan hal itu akan membantu menyediakan lebih banyak oksigen ke otak Anda dan merangsang sistem saraf Anda. Untuk mencobanya lakukan dengan posisi senyaman mungkin.



4. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil. Untuk mendapatkan kondisi mental yang sehat juga harus diiringi dengan tubuh yang sehat. Seperti mendapatkan tidur yang cukup.Meskipun tidur nyenyak mungkin tampak sulit didapatkan selama kehamilan, namun tidur dapat membantu secara signifikan dengan gejala kecemasan Anda.

5. Tuliskan kecemasanmu
Selain membicarakan pada orang lain mengenai rasa cemas yang kerap dirasakan. menulis adalah salah satu cara ketika tidak ingin berbicara lebih banyak. Cobalah memulai jurnal di mana Anda dapat melepaskan perasaan Anda tanpa takut dihakimi. Meluapkan pada tulisan dapat meredakan beban pikiran Anda.

6. Berdayakan diri Anda
Terkadang saat menuju hari persalinan Anda sempat dilanda rasa takut akan melahirkan bayi, ini disebut Tokophobia. Tokophobia adalah rasa takut akan melahirkan. Ketika ada dalam kondisi seperti ini, pertimbangkan untuk mendaftar kelas kelahiran. Belajar tentang berbagai tahapan persalinan, apa yang tubuh Anda lakukan, dan apa yang diharapkan pada setiap kesempatan dapat membantu menghilangkan rasa cemas.

7. Konsultasikan dengan dokter
Jika kecemasan terlalu berlebihan hingga mempengaruhi kehidupan sehari-hari, ada baiknya menghubungi dokter. Semakin cepat Anda mendapatkan bantuan, semakin baik. Selain itu mungkin akan ada resep obat yang diberikan dokter jika kecemasan terlalu parah. Cobalah untuk terbuka agar pikiran dan perasaan saat kehamilan menjadi tenang tanpa beban.



Gibran-Selvi Nantikan Anak ke-2, Ini 7 Tips Atasi Gelisah Jelang Melahirkan


Simak Video "Penjelasan soal Viral Posisi Duduk Jokowi yang Fleksibel"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)