Jumat, 15 Nov 2019 13:37 WIB

Tips Menangkal Pilek dan Masuk Angin di Awal Musim Hujan

Nurul Khotimah - detikHealth
Gampang masuk angin di awal musim hujan? Coba tips berikut (Foto: Rifkianto Nugroho) Gampang masuk angin di awal musim hujan? Coba tips berikut (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Memasuki musim penghujan, ancaman penyakit sulit dihindari. Seperti terserang masuk angin, flu, pilek dan batuk. Untuk itu daya tahan tubuh perlu ditingkatkan agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengantisipasi bahaya di atas banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencegah masuk angin dan flu.



1. Tidur Cukup
Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kat perlu ditunjang dari waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang tepat adalah selama 8 jam. Alasannya bahwa selama periode tidur yang lama, tubuh melepaskan sitokin. Sitokin adalah sejenis protein yang mengatur sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya membantu tubuh melawan infeksi.

2. Menjaga Nutrisi
Makan makanan sehat adalah cara termurah untuk melindungi Anda dari penyakit. Contohnya bisa dengan mengonsumsi sup panas atau jahe panas untuk menyegarkan tubuh. Bisa juga dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu mengusir flu dan infeksi. Makanan yang lezat dan sehat inilah yang membuat hari hujan sedikit lebih hangat.

Meski musim hujan menjadikan tubuh sulit mendapatkan asupan vitamin D, namun melalui makanan seperti tuna dan salmon vitamin D tetap bisa diperoleh tubuh.

3. Rajin mencuci tangan
Agar tidak mudah masuk angin, batuk, dan flu, mencuci tangan secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri. Cucilah tangan dengan benar dengan memberikan sabun di antara jari-jari, di bawah kuku dan bagian punggung tangan. Lalu bilas dan keringkan tangan Anda.

4. Perbanyak minum air
Tidak ada yang lebih baik daripada mimum-minuman hangat saat hujan turun. Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi tingkatkan dengan minum 6-8 gelas air sehari ditambah perasan lemon. Air hangat membuat sirkulasi darah Anda berjalan, yang mengarah ke sistem kekebalan tubuh yang kuat yang dapat melindungi Anda dari infeksi dan alergi.


Selanjutnya
Halaman
1 2