Jumat, 15 Nov 2019 16:14 WIB

Sekolah Pelit Tak Sediakan Tisu Toilet, Siswinya Masuk RS karena Sembelit

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ilustrasi tisu toilet. Foto: iStock Ilustrasi tisu toilet. Foto: iStock
Jakarta - Seorang siswi berusia 4 tahun harus dilarikan ke rumah sakit karena sembelit. Sang ibu mengklaim, sekolah putrinya sangat ketat mengatur penggunaan tisu rol di dalam toilet.

Sekolah Kitchener Road Primary di daerah Canton, Cardiff, Inggris tidak menyediakan tisu toilet di dalam bilik toilet siswanya. Para siswa yang berusia 4-11 tahun harus mengambil sendiri berapa tisu yang diperlukan dari tempat tisu yang ada di ruang publik, sebelum masuk ke toilet, dihimpun dari Daily Mail.

Siswi tersebut dirawat selama 3 hari di rumah sakit bulan lalu dengan rasa sakit pada perutnya. Tim medis mendiagnosanya dengan sembelit, penyakit yang belum pernah dialami sebelumnya.

"Putriku tidak membuang isi perutnya dengan baik di sekolah karena kebijakan itu. Ini adalah pengalaman yang traumatis," ujar si ibu, Fahmin Khanum.



Penyebab masalah putrinya itu diketahui Fahmin saat berkunjung ke sekolah dalam sebuah acara pertemuan orang tua.

"Di malam pertemuan orangtua, aku ke toilet dan ada satu tempat tisu dan anakku menghitungnya sampai lima lalu pergi ke toilet. Enggak ada tisu dalam biliknya. Aku bilang ke kepala sekolahnya, dia bilang itu biar anak-anak enggak menyumbat toilet karena memakai tisu yang terlalu banyak," imbuhnya.

Alhasil, si anak sekarang merasa cemas saat menggunakan toilet di rumah dan sekolah. Fahmin dan suaminya lalu membuat surat komplain yang ditujukan pada kepala sekolah, Ruth Jackson.

Seorang juru bicara sekolah yang tak disebutkan namanya mengatakan, "Kami sudah meninjau kebijakan dan segera memasang tempat tisu di bilik-bilik. Kami akan hubungi orangtua segera tentang perubahan ini."



Simak Video "Jangan Sering-sering Gunakan Karbol untuk Bersihkan Toilet!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)