Jumat, 15 Nov 2019 19:53 WIB

5 Fakta Operasi Caesar, Metode Persalinan yang Dilalui Selvi Ananda

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Gibran Rakabuming Raka dan tim dokter mengumumkan kelahiran anak kedua atau cucu ketiga Presiden Jokowi. Foto: Bayu Ardi Isnanto Gibran Rakabuming Raka dan tim dokter mengumumkan kelahiran anak kedua atau cucu ketiga Presiden Jokowi. Foto: Bayu Ardi Isnanto
Jakarta - Cucu ketiga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja lahir. Bayi dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda tersebut dilaporkan berjenis kelamin perempuan.

"Sore ini anak kami yang kedua sudah lahir. Semua sudah berjalan dengan lancar," ujar Gibran dalam jumpa pers di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11/2019).

Selvi Ananda melahirkan anak keduanya melalui operasi caesar. Dikutip dari Babygaga, berikut fakta melahirkan caesar.


1. Sebaiknya tidak lebih dari 3 kali

Sebenarnya tidak ada tolak ukur yang pasti berapa banyak operasi caesar yang boleh dijalani seorang ibu. Berdasarkan penelitian, secara umum setiap operasi caesar akan lebih rumit dari sebelumnya, dengan penyembuhan yang lebih lambat. Tetapi semua bergantung dari kondisi sang ibu.

Umumnya sering dianggap sebaiknya ibu tidak melewati lebih dari 3 kali operasi caesar. Namun, kalau dokter kandungan memperbolehkan, silakan lakukan.

2. Tak bikin 'jarak' dengan anak jauh

Banyak yang percaya bahwa ibu dan bayi yang dilahirkan normal punya kedekatan atau bonding yang lebih kuat dibandingkan lahir caesar. Padahal sebenarnya, enggak juga.

Ada anak yang bisa merasa lebih dekat dengan orang tua angkat daripada dengan orang tua kandungnya. Jadi, selama seseorang bisa melakukan yang terbaik untuk buah hati, bukan masalah jika anak lahir normal atau caesar.

3. Harus tunggu sebelum bisa berhubungan intim

Sebetulnya tidak ada patokan harus menunggu berapa lama usai operasi caesar sebelum seorang ibu bisa kembali meakukan hubungan intim. Intinya pasangan harus sabar menunggu sampai jahitan bekas operasi pulih.

Biasanya beberapa pasangan bisa menunggu di atas 2 bulan agar dapat berhubungan dengan nyaman.

4. Masih bisa lahiran normal

Dulu banyak perempuan yang harus menunggu tiga tahun untuk punya anak setelah caesar. Ada juga yang percaya sekali operasi caesar, maka kelahiran berikutnya akan caesar juga. Seiring dengan canggihnya teknologi, seorang ibu kini bisa mengalami persalinan normal meskipun sebelumnya pernah caesar.

5. Mulai jadi tren

Melahirkan secara caesar belakangan jadi sebuah pilihan bagi ibu, seperti misalnya saat ingin bayi lahir di tanggal cantik. Sebenarnya, lahiran caesar hanya ditujukan bagi mereka yang punya risiko tinggi untuk lahiran normal.

Misalnya, bayi sungsang, si ibu terkena penyakit menular seksual sebelum kelahiran, dan kondisi berisiko lainnya.



Simak Video "Penjelasan soal Viral Posisi Duduk Jokowi yang Fleksibel"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)