Senin, 18 Nov 2019 11:21 WIB

Tren Ekstensi Bulu Mata, Hati-hati Muncul Kutu Jika Tak Dibersihkan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi praktik ekstensi bulu mata. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi praktik ekstensi bulu mata. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Belakangan ini, ekstensi bulu mata sedang ngetren di kalangan wanita. Namun di balik praktik kecantikan yang nampaknya tidak membahayakan ini justru diam-diam menyimpan 'kejutan' yang buruk.

Dilaporkan The Sun, banyak wanita tidak membersihkan ekstensi bulu matanya karena takut lepas atau jatuh. Alhasil hal ini bisa menyebabkan munculnya banyak kutu atau dalam bahasa medisnya disebut Demodex.

Ekstensi bulu mata biasanya dilakukan dengan menempelkan satu bulu mata dengan lem ke bagian bulu matamu sendiri. Biasanya membutuhkan waktu tiga jam untuk dilakukan dan bertahan selama 4-6 minggu.


Tak membersihkannya bahkan usai menggunakan maskara bisa menyebabkan peningkatan bakteri dan risiko infeksi. Gejala seperti gatal, merah, inflamasi, sampai munculnya kutu bisa terjadi, dan tentu saja kutu bisa menular ke orang lain.

"Secara umum jika kamu menjalani ekstensi bulu mata memang orang akan takut untuk menyentuh atau mencucinya karena takut bisa lepas atau jatuh. Akan tetapi sangat penting untuk membersihkannya," tutur dr Sairah Malik, seorang dokter mata yang mengaku semakin sering menemukan kasus demodex.

dr Malik merekomendasikan pembersih yang berdasar minyak tea tree dan bisa lebih baik digunakan tiap hari. Minyak tea tree memiliki fungsi antibakteri yang bisa menjauhkan ekstensi bulu mata, kulit, dan kuku dari bakteri serta juga kutu.



Simak Video "Yuk! Kenali Gejala dan Cara Mencegah Mata Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)