Senin, 18 Nov 2019 18:55 WIB

Kena Serangan Jantung Usai Main Futsal, Ini Saran Dokter Soal Olahraga

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi kesehatan jantung. Foto: thinkstock Ilustrasi kesehatan jantung. Foto: thinkstock
Jakarta - Cerita pasangan muda yang pernikahannya baru berumur dua bulan mengundang banyak simpati. Sang suami, Amirul, dikatakan meninggal karena terkena serangan jantung usai bermain futsal.

Dalam kesempatan wawancara beberapa waktu lalu, dokter ahli jantung dan pembuluh darah dr Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), sempat menyinggung soal olahraga yang baik. Olahraga sebaiknya dilakukan 3-4 kali minggu selama 30-40 menit, yang sudah cukup membantu tubuh tetap sehat tanpa memaksakan diri.

"Jangan sampai olahraga hanya akhir pekan tapi lebih dari 40 menit atau hingga 2 jam. Olahraga yang seperti ini justru berisiko cedera karena terlalu lelah. Tubuh harus diberi jeda waktu supaya bisa istirahat," kata dr Ario.



Contoh olahraga yang memaksakan diri adalah futsal atau sepakbola selama 2 jam dengan sedikit istirahat. Dalam beberapa kasus, olahraga yang terlalu memaksakan diri berisiko mengakibatkan serangan jantung yang bisa berakibat fatal.

Selain itu, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan saat memilih olahraga. Terutama olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan tubuh.

"Pilih yang bersifat menguji daya tahan (endurance), ritmik, dan konstan. Bisa aerobik atau yang paling gampang jalan kaki. Kalau bisa pilih jalan cepat seperti di treadmill," kata dr Ario.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)