Selasa, 19 Nov 2019 05:00 WIB

Semalam Begadang? Ini 4 Cara Agar Tak Ngantuk Seharian (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kurang tidur bisa menyebabkan letih sepanjang hari (Foto: Getty Images) Kurang tidur bisa menyebabkan letih sepanjang hari (Foto: Getty Images)
Jakarta - Apakah semalam kamu kurang tidur? Rasa kantuk yang tak tertahankan akan kita rasakan di siang hari dan bisa mengganggu produktivitasmu.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk menghindari rasa kantuk ini terus menggelayuti matamu. Dirangkum dari VeryWell Health, ada 4 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi dan mencegah agar tak ngantuk seharian:



1. Tidur

Tentu saja, untuk mengatasi kantuk dan kurang tidur yang terbaik adalah dengan tidur yang cukup. Tiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, dan jika kualitas tidur kita buruk bisa terjadi karena beberapa gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea. Tak perlu berlama-lama tidur untuk 'pulih' dari kurang tidur. Setidaknya siapkan satu malam untuk tidur selama 7-8 jam sudah cukup untuk mengatasinya.

2. Beraktivitas

Pilihan selanjutnya adalah beraktivitas. Berlawanan dari tidur, aktivitas meskipun sedikit bisa membuatmu lebih waspada. Beberapa studi menunjukkan bahwa berjalan kaki selama lima menit bisa mengurangi gejala ngantuk di siang hari, meski memang pada akhirnya juga bisa hilang dengan cepat namun setidaknya bisa membantu mengatasi sejenak.

3. Paparan cahaya terang

Saat kamu mengantuk, paparan cahaya terang bisa memiliki efek pada ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian tubuh adalah pola fungsi tubuh, termasuk bangun dan tidur yang waktunya bersiklus dari malam hingga siang hari. Sinar terang akan membuat tubuhmu lebih waspada, beberapa studi juga menyebutkan bahwa sinar terang sangat efektif untuk perubahan ritme sirkadian, sehingga membuatmu akan melek lebih lama. Paparan sinar terang yang paling baik adalah sinar matahari.

4. Dengarkan lagu

Mungkin kamu takut mendengarkan lagu malah membuatmu lebih ngantuk, akan tetapi saat kita mendengar sesuatu, otak kita merespon dengan menjadi sedikit lebih waspada. Meski manfaatnya tidak sebesar yang lainnya, namun mencari suara lain (misalnya kita sering tertidur dengan suara televisi atau lagu-lagu) dapat meningkatkan kewaspadaan dan menyingkirkan kantuk.



Simak Video "Catat! Tidur Setelah Sahur Itu Bahaya Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)