Selasa, 19 Nov 2019 09:18 WIB

Nutrisi Terbaik untuk Cegah Penurunan Massa Otot di Usia Senja

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Seiring bertambahnya usia, banyak terjadi perubahan pada tubuh Anda yang merupakan bagian dari faktor penuaan. Di usia senja, beberapa bagian-bagian tubuh Anda mengalami penurunan fungsi, termasuk otot

Itulah sebabnya mengapa para lansia yang kehilangan massa ototnya dan membuat ia tidak sekuat dulu. Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, pada orang lanjut usia, ada 3 organ penting untuk keseimbangan yaitu otak, otot dan tulang.

"Salah satu gangguan organ ini yang menyebabkan orang tua sering pakai tongkat. Gangguan tulang seperti osteoporosis, massa otot yang berkurang serta gangguan keseimbangan otak adalah penyebab kakek dan nenek ini tidak bisa berjalan normal tegak seperti pada saat mudanya," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.


Adapun massa otot, lanjut dr Muliaman, akan berkurang pada usia di atas 50 tahun, jika kekurangan nutrisi, terutama protein. Asam amino yang ada pada protein merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk merangsang sintesis protein dalam otot. Sehingga asupan protein yang cukup sangat dibutuhkan oleh para lansia untuk mempertahankan massa ototnya.

"Massa otot sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi disamping itu latihan yang cukup juga bisa mempengaruhi massa otot. Bagian tubuh yang tidak dilatih biasanya juga akan menyebabkan ototnya jadi kendor dan tidak berkembang," jelasnya.

dr Muliaman menambahkan, jika sudah berada di usia dengan kondisi ototnya yang kendor, masih bisa ditingkatkan. Caranya tentu dengan memenuhi asupan nutrisi yang kaya protein, kalsium serta tetap melatih otot dengan beraktivitas.

"pemberian diet protein tinggi dan rendah kalori pada dewasa dapat menjaga berat badan dan juga meningkatkan masa otot. Apalagi kalau protein yang diberikan whey. Untuk kepadatan tulang, juga dipengaruhui oleh protein yang tinggi dan kalsium serta phospat dan zink," tambahnya.

Menurut dr Muliaman, memang perubahan penambahan massa otot pada orang tua tidak secepat pada saat muda. Tapi, paling tidak kita tetap optimis dan mengusahakan agar massa tulang ini bisa ditingkatkan dan paling tidak dipertahankan.


"Karena massa otot ini bukan soal estetika tapi juga bisa mempertahankan daya tubuh dari infeksi dan menjaga keseimbangan," ujarnya.

Salah satu asupan nutrisi yang mengandung protein dan kalsium tinggi untuk mempertahankan massa otot dan tulang bisa bersumber dari susu seperti Entrasol Senior. Di samping itu, Entrasol Senior diformulasikan dengan sangat rendah laktosa (gula susu). Sehingga bagi orang tua yang sudah lama tidak minum susu atau sering kembung dan begah minum susu, Entrasol Senior akan aman dikonsumsi dengan gangguan saluran cerna ini.

Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)