Selasa, 19 Nov 2019 18:42 WIB

Cecep Reza 'Bombom' Meninggal Saat Tidur, Ini Kata Dokter Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cecep Reza meninggal diduga karena serangan jantung. Foto: Dok. Instagram/ccepreza_ Cecep Reza meninggal diduga karena serangan jantung. Foto: Dok. Instagram/ccepreza_
Jakarta - Mantan artis cilik Cecep Reza atau kerap dikenal dengan perannya sebagai Bombom di sinetron 'Bidadari' meninggal dunia. Ia meninggal di usia yang terbilang cukup muda yaitu 31 tahun.

Menurut penuturan adiknya, Rizky, kakaknya meninggal dunia saat dalam posisi tertidur. Barbie Kumalasari, salah satu rekannya dalam sinetron Bidadari, mendapat kabar dari Vanessa Angel bahwa Cecep diduga meninggal karena serangan jantung.

"Sebenarnya, ada tiga penyebab jantung yang bisa menyebabkan orang muda meninggal mendadak. Itu serangan jantung, kedua gangguan irama jantung, dan pecah pembuluh darah," ujar ahli jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP saat di hubungi detikcom, Selasa (19/11).

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit umum yang bisa menyebabkan meninggal mendadak di saat itu juga. Faktor risiko yang bisa mempengaruhinya, di antaranya obesitas, diabetes atau kolesterol yang mungkin tidak diketahui, atau perokok. Hal ini biasanya dipengaruhi dari gaya hidup yang dijalani sehari-hari.

Penyebab lainnya bisa karena gangguan irama jantung atau Brugada Syndrome (BrS). Menurut dr Vito, penyakit ini memang bisa terjadi pada orang muda usia 30-an dan menyebabkan meninggal mendadak. Gangguan ini bisa terjadi saat orang tersebut tertidur.

"Nah ini masih kemungkinan (penyebabnya) dari segi jantung. Karena di Indonesia kan tidak dilakukan autopsi, jadi tidak bisa diketahui penyebab pastinya," jelas dr Vito.

Sementara itu, penyebab lainnya yang juga berhubungan dengan jantung, yaitu aneurisma atau pelebaran pembuluh darah yang mendadak dan pecah. Ini bisa terjadi di otak atau pembuluh darah besar (aorta) yang ada di sekitar dada. Ini juga bisa menyebabkan kematian mendadak.

"Jika memang penyebab kematian almarhum karena jantung, tiga kemungkinan ini bisa saja terjadi. Mungkin karena ia sebelumnya tidak pernah merasakan, menyadari, atau mengatakan keluhan yang dirasakan, yang bisa saja jadi tanda-tanda penyakit jantung," tukasnya.


Simak Video "Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)