Rabu, 20 Nov 2019 08:43 WIB

Cecep Reza 'Bombom' Meninggal, Dokter Ingatkan Pentingnya Check Up Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cecep Reza meninggal karena penyakit jantung. (Foto: Dok. Instagram/cecepreza_) Cecep Reza meninggal karena penyakit jantung. (Foto: Dok. Instagram/cecepreza_)
Jakarta - Mantan artis cilik sinetron 'Bidadari', Cecep Reza atau 'Bombom' meninggal dunia diduga karena penyakit jantung yang sudah lama diidapnya. Ia menghembuskan napas terakhirnya di kediamannya, di Kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, pada Selasa (19/11) pukul 13.30 WIB.

Semasa hidupnya, ia sempat mengeluh karena berat badannya dan ingin menjalani diet. Bahkan sepekan sebelumnya, ia juga pernah menjalani operasi jantung untuk penyakitnya.

Menurut ahli jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, untuk mencegah penyakit itu terjadi tidak cukup dengan menjaga kesehatan saja.

"Untuk mencegahnya, dengan menjaga kesehatan dan menjalani diet saja tidak cukup. Orang terkadang tidak pernah tahu dan merasa kalau ia punya penyakit seperti itu," katanya saat diwawancarai via telepon pada Selasa, (19/11/2019).


dr Vito menegaskan, hal yang terpenting dan harus dilakukan sejak dini adalah rutin menjalani medical check up.

"Ya paling penting itu medical check up, karena kalau ada kelainan pada jantung kan bisa terdeteksi lewat Elektrokardiogram (EKG) atau rekam jantung. Dari situ juga kita bisa lihat ada gangguan irama jantung atau tidak," jelasnya.

Jika semua itu telah dilakukan dan hasilnya baik, dr Vito menyarankan untuk mensyukuri tubuh sehat yang dimiliki saat ini. Setidaknya sudah melakukan pencegahan sejak dini, terutama untuk pada kaum muda. dr Vito mengungkapkan, terkadang mereka suka tidak menyadari punya penyakit mematikan seperti jantung ini.

"Kalau semua check up hasilnya sudah bagus tapi kok masih bisa kena juga, ya kembali lagi umur kan ada di tangan Tuhan ya. Cuma kita kan sudah berusaha untuk melakukan pencegahan dan menjaga tubuh ini semaksimal mungkin," tukasnya.

Saat dihubungi secara terpisah, ahli jantung lainnya, dr Ayuthia Putri Sedyawan, SpJP, juga memberikan tips sehat untuk jauh dari penyakit jantung.

"Tips dari saya itu cukup SEHAT. Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hadapi stres dengan baik, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolahraga," imbuhnya.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)