Rabu, 20 Nov 2019 11:03 WIB

Almarhum Cecep Reza 'Bombom' Sempat Pasang Ring Jantung, Apa Sih Fungsinya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jenazah Cecep Reza Bombom (Foto: Pingkan A) Jenazah Cecep Reza 'Bombom' (Foto: Pingkan A)
Jakarta - Pemain sinetron Cecep Reza 'Bombom' meninggal dunia akibat serangan jantung pada Selasa (19/11) siang. Sebelum meninggal, Cecep yang berpulang saat sedang tidur, rupanya sempat pasang ring sekitar sepekan lalu.

"Dia kan emang kalau habis kerja suka istirahat ya, kerjanya juga malem gitu kan ya. Tadi pas di kamar itu sempet minta dibuatkan makanan sama si Reta . Tiba-tiba nggak ketahuan, dibangunin udah nggak ada," ungkap Tuti, mertua Cecep, seperti diberitakan detikcom.



Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, setelah pasang ring sebetulnya pasien jantung tidak perlu khawatir. Pasien jantung bisa beraktivitas kembali dengan beberapa catatan.

"Kalau setelah pasang ring sebenernya memang tidak masalah kerja lagi. Dengan catatan, kalau pemasangan ring itu karena serangan jantung tetap ada masa pemulihan dulu dan obat-obat yang diminum disiplin. Obat ini menjaga agar tidak terjadi bekuan darah tiba-tiba kembali menyumbat pembuluh darah koroner jantung," kata dr Vito dalam pesan pendek yang diterima detikcom, Kamis (20/11/2019).

Berdasarkan pengalaman praktiknya, dr Vito juga menyarankan pasien jangan terlalu gegabah atau sembrono memilih aktivitas. Pasien sebaiknya jangan dulu mencoba aktivitas berat hanya karena ingin membuktikan dirinya kuat dan tidak apa-apa.



Simak Video "Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)