Rabu, 20 Nov 2019 12:08 WIB

Punya Penyakit Autoimun, Bentol-bentol Ashanty Alergi Tidak Wajar?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ashanty masih dirawat karena bentol-bentol di seluruh tubuh. (Foto: Palevi/detikHOT) Ashanty masih dirawat karena bentol-bentol di seluruh tubuh. (Foto: Palevi/detikHOT)
Jakarta - Artis Ashanty diketahui tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Menurut keterangan sang suami, Anang Hermansyah, Ashanty dirawat karena bentol-bentol di sekujur tubuh yang disebut alergi tidak wajar.

"Alergi atau bentol-bentol yang sebadannya itu yang nggak wajar, selama bareng sama Ashanty nggak pernah lihat dia punya bentol-bentol seperti itu," ungkap Anang saat ditemui di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019) malam.

Dikutip dari American Collage of Allergy, Asthma & Immunology (ACAAI), gejala alergi memang bisa muncul sebagai ruam bentol gatal di kulit. Tapi selain itu alergi juga bisa disertai gejala kesulitan bernapas, mual, hingga hidung meler atau mampet.


Pada kasus alergi yang parah bisa terjadi syok anafilaksis. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya syok, penurunan tekanan darah yang mendadak dan kesulitan bernapas berbahaya.

Anang sendiri mengaku masih belum tahu pasti apakah bentol-bentol alergi Ashanty ini berhubungan penyakit autoimun lain. Dokter masih melakukan pemeriksaan dan mengumpulkan data-data.

"Waktu profesor Terawan di RSCM, kan sementara dia bilangnya itu, apakah koneksinya ke sini. Karena autoimunnya yang bagaimana itu kan aku nggak tahu," ungkap Anang.



Simak Video "Lebih Dekat dengan Komunitas Autoimun Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)