Rabu, 20 Nov 2019 14:43 WIB

Kapolri Didorong Buat Aturan Polisi Tak Buncit, Ini Tips Mengatasinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Perut buncit bisa diatasi kok! (Foto: ilustrasi/thinkstock) Perut buncit bisa diatasi kok! (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan mengusulkan agar Kapolri Jenderal Idham Azis membuat aturan baru di kepolisian. Salah satunya soal imbauan agar polisi tak berperut buncit.

"Jadi kami usulkan Pak Sigit ini ke daerah juga ngecek, bila perlu, Kapolri-nya badannya seperti ini, lihat kapolda-kapolda, kapolres yang perutnya buncit itu suruh kurusin, jangan cuma soal kemewahan," kata Trimedya saat raker Komisi III dengan Kapolri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Polisi berperut buncit memang kerap kali dijumpai di beberapa tempat. Padahal punya perut buncit selain tidak enak dipandang juga membawa banyak risiko kesehatan lho.

Mengecilkan perut buncit memang bukan perkara mudah bagi yang belum terbiasa pola hidup sehat, namun bukan hal mustahil. Ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko Msc, RD, membagikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit.


1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Untuk mengurangi lemak pada perut, ada baikya untuk membatasi makanan tinggi kalori tapi minim nilai gizi seperti gorengan, junk food, pizza, dan makanan cepat saji lainnya.

2. Olahraga!

Mulai biasakan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Anda juga dapat mengombinasi latihan angkat beban agar penurunan lemak lebih optimal. Tingkatkan intensitas dan durasi secara berkala karena semua hal yang baik membutuhkan proses.

3. No more stress

Jangan salah, stres juga bisa picu perut buncit. Kalau sedang punya masalah, coba meditasi dan relaksasi daripada makan sembarang makanan. Lakukan apapun aktivitas yang mampu meredam stress yang berlebihan dan berkepanjangan.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan nafsu makan meningkat sehingga memengaruhi pola makan. Banyak penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur berpengaruh pada peningkatan berat badan. Rekomendasi tidur sehari-hari untuk orang dewasa yaitu 7-8 jam.

5. Penuhi kebutuhan cairan

Kurang minum dapat menyebabkan nafsu makan sulit untuk dikontrol karena rasa haus seringkali disalahartikan sebagai rasa lapar. Jangan lupa, kurangi konsumsi minuman beralkohol.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)