Rabu, 20 Nov 2019 15:35 WIB

Kenali Vitiligo, Bercak pada Kulit yang Tak Berbahaya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi vitiligo. Foto: Thinkstock Ilustrasi vitiligo. Foto: Thinkstock
Jakarta - Vitiligo merupakan salah satu penyakit kulit yang memang jarang terjadi. Penyakit ini merupakan hilangnya warna kulit yang muncul sebagai bercak-bercak di kulit dan berwarna putih susu.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dian Pratiwi, SpKK, mengatakan tingkat keluasan penyebaran dan keparahan dari warna kulit yang hilang ini tidak dapat diprediksi.

"Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya apalagi menular. Namun, untuk seberapa luas dan parahnya warna kulit yang hilang pada tubuh ini, memang tidak bisa di prediksikan. Bahkan, akan muncul di manapun itu tidak bisa diduga sama sekali," jelas dr Dian pada detikcom di kawasan Menteng, Rabu (20/11).

Tidak hanya pada kulit tubuh, penyakit ini juga bisa terjadi pada rambut hingga selaput lendir di dalam mulut. Vitiligo ini bisa terjadi hanya pada beberapa bagian tubuh ataupun pada seluruhnya.



Penyakit ini terjadi saat sel-sel yang memproduksi melanin mati atau tidak berfungsi. Dampaknya sering terjadi pada bagian tubuh yang lebih sering terpapar sinar matahari.

"Vitiligo ini terjadi saat sel-sel yang memproduksi melanin, yaitu melanosit tidak bisa bekerja lagi atau mati. Dan biasanya, perubahan warna yang pertama kali terlihat adalah bagian yang sering terpapar sinar matahari, seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir," ujarnya.

Dari segi persentase, yang mengidap penyakit vitiligo ini sangat kecil, hanya 0,5-2 persen di dunia. Perbandingan antara pria dan wanita seimbang. Vitiligo juga dapat terjadi pada usia berapapun.

"Penyakit ini memang bisa terjadi pada usia berapapun. Tapi, lebih sering dan jelas saat muncul pada kulit itu saat usia 20 tahun ke atas. Gejalanya sih bisa dari sebelum 12 tahun juga sudah muncul, cuma belum terlalu jelas dan didiagnosis lebih dalam," imbuhnya.



Simak Video "Sering Diremehkan, Gondongan Bisa Berakibat Mandul pada Pria"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)