Rabu, 20 Nov 2019 18:00 WIB

Cecep Reza Idap Diabetes, Ini Kaitan Kadar Gula dan Serangan Jantung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Almarhum Cecep Reza. (Foto: Dok. Instagram/ccepreza_) Almarhum Cecep Reza. (Foto: Dok. Instagram/ccepreza_)
Jakarta - Almarhum Cecep Reza ternyata sempat mengidap diabetes sebelum meninggal dunia. Kondisi ini dikatakan temannya, Andi Boim, saat menghadiri pemakaman Cecep.

"Dia diabet dulu, di rumah sakit dia ngomong 'gue diabet cuy'," kata Andi Boim usai pemakaman Bombom di, Penggilingan, Jakarta Timur, Rabu (20/11/2019) kepada detikcom.

Sebelumnya rekan sesama artis menyebutkan, Cecep diduga meninggal karena serangan jantung. Bintang sinetron tersebut juga sempat pasang ring jantung sepekan sebelum berpulang dalam kondisi tidur.


Menanggapi kondisi tersebut, dokter ahli jantung dan pembuluh darah Dr dr Eka Ginanjar, SpPD, KKV, FINASIM, FACP, FICA, mengatakan diabetes adalah faktor risiko paling besar terjadinya serangan jantung. Risiko menjadi makin berat jika disertai obesitas, hipertensi, dan peningkatan kadar kolesterol.

"Tingginya kadar gula dalam tubuh merusak pembuluh darah hingga lebih mudah terjadi serangan jantung. Risiko makin berat jika sebelumnya sudah ada sumbatan karena kadar lemak atau kolesterol yang tinggi. Jika sumbatan ini runtuh maka pasokan darah menuju jantung terhambat," kata dr Eka.

Untuk menurunkan risiko tersebut, dr Eka menyarankan untuk mengendalikan kadar gula di dalam tubuh. Selain itu, dr Eka juga mengingatkan kontrol teratur dan mengonsumsi obat sesuai resep dokter.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)