Kamis, 21 Nov 2019 00:51 WIB

Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga yang Aman dan Efektif

Virgina Maulita Putri - detikHealth
Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga yang Aman dan Efektif Foto: Thinkstock Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga yang Aman dan Efektif Foto: Thinkstock
Jakarta - Obat tetes telinga biasanya digunakan untuk berbagai bentuk perawatan, seperti mengobati infeksi telinga dan mengeluarkan kotoran yang ada di telinga.

Obat ini bisa dibeli langsung di apotek atau menggunakan resep dari dokter. Tapi apapun jenis obat tetes telinga yang digunakan atau alasan penggunaannya, sangat penting untuk menggunakan obat tetes telinga secara benar.



Menggunakan obat tetes telinga dengan benar bisa membantu obat tersebut memasuki saluran telinga dan mengobati masalah dengan lebih efektif. Berikut cara menggunakan obat tetes telinga dengan benar dan aman yang dilansir detikHealth dari Healthline:

1. Persiapan

Siapkan peralatan kalian, termasuk botol obat tetes telinga dan tisu atau kain untuk membersihkan tetesan. Cuci tangan menggunakan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer.

2. Hangatkan Botol

Hangatkan botol obat tetes telinga di tangan kalian selama dua menit. Ini supaya mengurangi rasa tidak nyaman di telinga yang bisa disebabkan oleh tetesan cairan yang dingin.

3. Cek Botol

Lepaskan tutup dari botolnya dan taruh di tempat yang kering dan bersih. Jika botol kalian menggunakan dropper pastikan dropper tersebut bersih dan tidak retak.

4. Posisi yang Tepat

Jika kalian menggunakan obat tetes telinga untuk diri sendiri, posisi yang lebih mudah adalah dengan duduk atau berdiri dengan tegak dan miringkan kepala.

Jika kalian memberikan obat tetes telinga ke orang lain, mungkin akan lebih mudah jika orang tersebut berbaring dalam posisi menyamping.



5. Menggunakan Obat Tetes pada Dewasa

Untuk orang dewasa, cara menggunakan obat tetes telinga adalah dengan menarik bagian atas telinga ke belakang. Teteskan obat ke telinga sesuai instruksi dokter atau label yang ada.

Secara lembut, tarik cuping telinga ke atas dan ke bawah untuk membantu tetesan obat masuk ke dalam telinga. Tahan posisi kepala tetap miring selama 2-5 menit hingga tetesan obat bisa menyebar dengan efektif.

6. Menggunakan Obat Tetes pada Anak

Untuk memberikan obat tetes telinga pada anak caranya sama saja dengan panduan di atas. Tapi sebelum meneteskan obat, tarik bagian bawah telinga ke arah bawah dan ke belakang.

7. Bersihkan

Menggunakan tisu atau kain, bersihkan sisa tetesan yang ada di area sekitar telinga. Taruh kembali tutup di botol tetes telinga dan cuci tangan kalian untuk membersihkan sisa obat di tangan.

8. Peringatan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan dan memberikan obat tetes telinga. Pertama, jangan gunakan obat tetes atau dropper yang retak dan kotor.

Pastikan ujung dropper tidak menyentuh telinga, jari atau permukaan lainnya karena bisa terkontaminasi dengan bakteri dan kuman lainnya. Selain itu, jangan hangatkan botol obat tetes telinga menggunakan air hangat karena bisa menjadi terlalu panas dan malah melukai telinga.

Terakhir, jangan berbagi obat tetes telinga kalian dengan orang lain. Berbagi obat tetes telinga bisa membantu penyebaran bakteri dan infeksi.

Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/nwy)