Kamis, 21 Nov 2019 07:00 WIB

Anak Berkebutuhan Khusus Kerap Dikira Kesurupan hingga Kena Santet

Nurul Khotimah - detikHealth
Dian Sastrowardoyo punya anak dengan spektrum autisme (Foto: Hanif Hawari/detikHOT) Dian Sastrowardoyo punya anak dengan spektrum autisme (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Memiliki anak yang sehat dan sempurna tanpa kurang apapun adalah harapan tiap orang tua. Tapi tak semua anak terlahir sama. Seperti anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memiliki keistimewaannya tersendiri.

Keistimewaan ABK kerap dianggap sebagai aib dalam kultur masyarakat Indonesia. Pemahaman yang kurang mengenai ABK kerap menjadikan salah kaprah di masyarakat.

Sejak memutuskan untuk speak up mengenai buah hatinya yang memiliki spektrum autisme, Dian Sastrowardoyo, mendapatkan respons baik dan banyak keluh kesah dari netizen yang ternyata memiliki ABK juga.

Ia menuturkan, masih banyak orang tua yang belum tahu bahwa anaknya berkebutuhan khusus. Bahkan ada beberapa orang tua yang mengira anaknya kesurupan hingga diasumsikan terkena santet.



"Sama anak saya juga gini dan saya baru tahu kalau anak saya itu bukan kesurupan atau anak saya itu bukan kena santet. Tapi anak saya itu mungkin seperti anaknya Mbak yang berkebutuhan khusus," ungkap Dian dalam ceritanya, Rabu (20/11/2019).

Dari cerita tersebut terbukti masih banyak orang awam yang belum mendapatkan informasi lebih jelas mengenai ABK. Minimnya informasi mungkin menjadi salah satu faktornya.



Simak Video "Tips Diet ala Dian Sastrowardoyo Setelah Makan Banyak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)