Kamis, 21 Nov 2019 08:45 WIB

Tips Memilih Tabir Surya yang Cocok Bagi Kulit Saat Cuaca Panas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pilih body lotion yang sesuai untuk kulit kamu. (Foto: Thinkstock) Pilih body lotion yang sesuai untuk kulit kamu. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Di cuaca panas yang terik seperti akhir-akhir ini, pemakaian body lotion (losion) ataupun tabir surya mungkin semakin sering dilakukan oleh sebagian orang. Tujuannya untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit hitam hingga rusak.

Dalam hal ini dokter dari Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin Pramudia, dr Dian Pratiwi, SpKK membagikan sedikit tips untuk memilih produk losion yang tepat sesuai dengan jenis kulit.

"Body losion sebenarnya tidak ada masalah mau dipakai berapa kali dalam sehari. Tidak ada aturannya juga agar tidak sampai bahaya atau gimana, karena aman-aman saja. Paling harus lebih di teliti lagi bahan kandungannya saat memilih produk losion atau semacamnya," kata dr Dian pada detikcom, Rabu (20/11).


dr Dian menganjurkan, pilih losion, tabir surya, atau semacamnya dengan bahan yang aman. Pilih produk yang ringan untuk kulit, tidak mengandung banyak pewangi, pewarna, dan bahan kimia.

Selain melihat manfaat dan kandungan yang ada di dalam produk, jangan lupa pilih yang sesuai dengan kondisi atau jenis kulit yang dimiliki.

"Kalau untuk kulit yang kering sekali, pilih losion yang seperti salep teksturnya. Ini berguna agar tahan lama dalam menutupi kulit. Sedangkan yang tidak terlalu kering, cari losion yang saat diaplikasikan ke kulit tidak terlalu lengket," jelas dr Dian.

"Nah untuk yang memiliki masalah kulit, entah itu vitiligo ataupun bukan, coba pilih losion yang bahannya ringan, tidak terlalu wangi atau berwarna yang mencolok. Takutnya, bahan kimia yang ada di dalam produk itu akan semakin memperburuk keadaan kulit," imbuhnya.



Simak Video "Menjajal Langsung Kamera UV untuk Cek Proteksi Kulit"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)