Kamis, 21 Nov 2019 11:51 WIB

Jangan Panik, Ini Cara Tepat Atasi Demam yang Melanda di Malam Hari

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Menjelang akhir tahun, hampir seluruh wilayah di Indonesia sudah mulai dilanda hujan. Selain menyiapkan payung atau jas hujan serta baju tebal, pastikan juga tubuh tetap fit.

Sebab, ada beberapa penyakit yang mudah menyerang seseorang saat musim hujan. Mulai dari diare, infeksi kulit, flu, demam, dan infeksi saluran napas atas (ISPA).

Biasanya yang rentan terserang demam adalah anak-anak, sehingga membuat orang tua menjadi panik. Apalagi, jika kondisi panas tubuh yang tinggi terjadi di tengah malam, di kala tak mungkin untuk pergi ke dokter maupun pergi ke rumah sakit.


Dalam menghadapi situasi seperti itu, lakukan beberapa hal untuk pertolongan pertama. Seperti memeriksa suhu anak dan mengompres anak dengan air hangat. Selain itu, berikan juga obat penurun panas.

Namun, jika panas masih belum turun juga, tentu segeralah hubungi dokter. Jika kondisinya di malam hari dan Anda jauh dari rumah sakit, tak perlu khawatir. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online.

Namun sebelum berkonsultasi, pintarlah dalam memilih dokter. Jangan tertipu dengan penampilan, dan pastikan ia memiliki sertifikasi dokter dari badan terpercaya. Barulah Anda bisa bertanya langsung kepada mereka melalui fitur live chat.

Sementara itu, di aplikasi KlikDokter Anda bisa berkonsultasi secara gratis dalam waktu 24 jam serta ditangani oleh dokter tersertifikasi dan profesional. Jadi, jika demam menyerang di malam hari, Anda bisa langsung menangani segera dengan dibimbing oleh dokter tersebut.


Tidak hanya fitur live chat, KlikDokter juga menyajikan direktori rumah sakit di wilayah Indonesia sehingga Anda bisa mencari rumah sakit yang buka 24 jam dan paling dekat dengan rumah Anda. Bahkan, Anda bisa mencari informasi terkait suatu penyakit beserta obatnya dalam satu aplikasi KlikDokter.

Simak Video "Dear Bunda, Begini Cara Tepat Menangani Anak saat Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)