Kamis, 21 Nov 2019 13:00 WIB

Sup Ayam Buatan Sendiri Dipercaya Efektif Sembuhkan Penyakit Malaria

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sup ayam rumahan bisa cegah penilaran malaria. (Foto: iStock/detikfood) Sup ayam rumahan bisa cegah penilaran malaria. (Foto: iStock/detikfood)
Jakarta - Malaria masih penyebab kematian tertinggi yang dikaitkan dengan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk terinfeksi. Perkiraan menunjukkan malaria membunuh sekitar 500 ribu anak setiap tahun.

Kabar baiknya, sup ayam sederhana buatan sendiri akan segera membantu memerangi penyakit malaria. Para peneliti menemukan kaldu ayam dapat mencegah pertumbuhan parasit malaria Plasmodium falciparum yang mematikan.

Studi baru yang diterbitkan di Archives of Disease in Childhood, peneliti di Imperial Collage London meminta anak-anak membawa sup ayam ala keluarganya ke sekolah. Tim peneliti mengatakan kaldu sup yang disediakan berasal dari keluarga di seluruh dunia termasuk Eropa, Asia, Afrika Tengah dan Timur Tengah.

Resep kaldunya beragam, mulai dari yang menggunakan sayuran, ayam, hingga menambahkan sapi. Peneliti kemudian mengambil sampel untuk melihat aktivitas parasit melawan malaria.

Mereka menemukan bahwa resep tradisional bekerja melawan P. falciparum dengan mengurangi pertumbuhannya atau mencegahnya menjadi matang.


Lima sup mampu menghentikan pertumbuhan parasit pada tahap yang menyebabkan penyakit lebih dari 50 persen. Dua sampel bahkan mencegah malaria sama efektifnya dengan obat antimalaria.

"Sangat menarik untuk menemukan rute potensial untuk pengembangan obat di masa depan dalam sesuatu seperti sup buatan nenek Anda," sebut Jake Baum, ketua peneliti dan profesor di Imperial College London, dikutip dari Medical Daily.

Satu set kaldu tampaknya efektif untuk memblokir kemampuan P. falciparum menjadi matang hingga lebih dari 50 persen. Ini mencegah parasit mencapai bentuk yang menginfeksi nyamuk.

Para peneliti berencana untuk melanjutkan penelitian dan memahami bagaimana sup ayam tradisional secara langsung bekerja melawan malaria. Mereka juga ingin menentukan bahan aktif yang menargetkan parasit P. falciparum.



Simak Video "Melihat Satu-satunya Layanan Kesehatan di Pedalaman Papua Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)