Kamis, 21 Nov 2019 17:30 WIB

Berenang Sembarangan, Kelamin Pria Ini Dipenuhi Cacing Parasit

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Penis pria dipenuhi cacing parasit setelah berenang. (Foto: thinkstock) Penis pria dipenuhi cacing parasit setelah berenang. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Jika melihat air yang jernih, susah untuk menahan keinginan agar tidak berenang. Meski terkesan tak berbahaya, berenang di sembarangan tempat bisa punya risiko mematikan.

Seperti yang dialami oleh James Michael, pria usia 32 tahun asal Kensington, London, yang hampir meregang nyawa setelah berenang di danau. Kala itu, ia sedang berwisata di Danau Malawi, Afrika, di tahun 2017 dan terpesona melihat pemandangan dan airnya yang jernih.

Tanpa pikir panjang, ia lalu berenang di danau indah itu. Setahun setelahnya, kakinya mulai mati rasa tapi ia hanya menganggap kelelahan setelah bersepeda.

Namun, gejalanya tidak membaik dan mulai memburuk. Dalam beberapa minggu, dia membutuhkan waktu lima menit berjalan 15 langkah ke flatnya. Karenanya ia kemudian mengunjungi dokter.

Mengutip The Sun, ahli medis dari Hospital for Tropical Diseases memberitahu James bahwa cacing parasit telah lama hidup di penisnya dan bertelur di sekujur tubuhnya. Ia didiagnosis dengan schistosomiasis, infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit yang hidup di air tawar di daerah tropis.

baca juga

Setelah di dalam tubuh, cacing bergerak melalui darah ke daerah-daerah seperti hati dan usus. Setelah beberapa minggu, mereka mulai bertelur.

Beberapa telur tetap berada di dalam tubuh dan diserang oleh sistem kekebalan tubuh. Jika dibiarkan tidak diobati bisa berakibat parah. James lalu diresepkan sejumlah obat keras untuk membunuh cacing parasit yang berada di tubuhnya.

"Obat itu membunuh infeksi tapi membuatku lemah. Saya diberitahu ada peluang 30 persen pulih tapi jaraknya 10 tahun dari sekarang. Itu benar-benar mengerikan," tutur James.

Kini, ia harus menghabiskan tiga bulan di rumah sakit menggunakan kursi roda, lalu empat bulan menggunakan kruk, hingga April. Dia juga harus berurusan dengan jerawat ekstrim yang disebabkan oleh steroid, diare, dan menggunakan kateter karena dia tidak bisa menggunakan toilet.

Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)