Jumat, 22 Nov 2019 05:01 WIB

Tips Mencegah Asam Lambung Naik di Pagi Hari

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Asam lambung juga bisa naik saat bangun tidur (Foto: iStock) Asam lambung juga bisa naik saat bangun tidur (Foto: iStock)
Jakarta - Saat bangun tidur, tiba-tiba kamu merasa sakit di bagian dada ataupun ulu hati. Itu tandanya asam lambung kamu sedang dalam keadaan naik. Di saat seperti ini, pasti sangat tidak nyaman dan mengganggu rutinitas harian.

Biasanya, penyebab asam lambung naik bisa karena terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, kopi, ataupun buah-buahan dengan rasa yang asam. Tak hanya itu, pola makan yang tidak teratur, konsumsi obat-obatan tertentu seperti anti rematik, pereda nyeri, hingga sakit kepala juga bisa jadi faktor risikonya.

Untuk mencegah asam lambung naik di pagi hari, 3 cara dari Health ini bisa mengatasinya.



1. Minum air Lemon

Untuk mencegah asam lambung naik di pagi hari, air lemon menjadi salah satu pilihannya. Air lemon ini bisa memberikan efek untuk menyeimbangkan tingkat keasaman yang terkandung di dalam asam lambung. Selain itu, air lemon ini juga bisa mengurangi peradangan secara alami dan mengaktifkan sistem pencernaan setelah tidur malam.

2. Minum Teh jahe

Jahe bermanfaat untuk menenangkan perut dan mengurangi produksi asam lambung. Teh jahe ini dapat diminum di pagi hari untuk menekan prosuksi asam tersebut. Untuk pemanis, hindari pemakaian gula dan ganti dengan madu agar efeknya terasa lebih maksimal di tubuh.

3. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Untuk mencegah asam lambung naik saat pagi hari, cobalah tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badan. Sebuah studi menunjukkan, posisi seperti ini terbukti efektif untuk mengurangi refluks asam.

Coba letakkan lebih banyak bantal di bawah kepala dan jaga agar posisinya tidak berubah. Cara ini juga mencegah asam lambung yang sewaktu-waktu bisa naik ke kerongkongan saat kamu tertidur.

4. Batasi porsi saat makan malam

Saat makan malam, kendalikan porsinya agar tidak terlalu berlebih. Hal ini dilakukan agar tubuh lebih cepat memproses makanan di dalam tubuh. Jika makanan belum tercerna secara sempurna, asam lambung akan naik saat kamu bangun tidur di pagi hari.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)