Jumat, 22 Nov 2019 06:30 WIB

Tren Pamer Saldo ATM Artis, Apa Bedanya Sombong dan Gangguan Narsistik?

Firdaus Anwar - detikHealth
Meme saldo ATM (Foto: Dok. Memecenter, Facebook Cocoklogi Science) Meme saldo ATM (Foto: Dok. Memecenter, Facebook Cocoklogi Science)
Jakarta - Berawal dari Uya Kuya yang bongkar-bongkaran isi 'dompet' digital milik Barbie Kumalasari, artis lain mengikuti dengan membongkar saldo ATM-nya. Hal ini menarik banyak perhatian dari netizen, sebagian mencibir perilaku ini yang dideskripsikan sebagai sombong.

"Buka2an saldo trus bagi2 sihh gapapa.. Lahh ini di liatin doang.. Apa bukan sombong namanya??" komentar seorang pengguna Twitter.

Terkait hal tersebut apakah memperlihatkan saldo ATM ini bisa dianggap sebagai salah satu bentuk gangguan narsistik? Menurut ahli kesehatan jiwa dr Alvina, SpKJ, dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Barat jawabannya belum tentu.



Biasanya pamer yang berkaitan dengan gangguan narsistik akan disertai ciri lain seperti merasa diri paling penting, fantasi berlebih, kurang empat, mudah iri, hingga yakin bahwa dirinya unik. Hal ini dilakukan berulang karena memang sudah jadi bagian dari kepribadian.

Seseorang mungkin tidak menyadari dirinya mengalami gangguan narsistik sampai beberapa kali memiliki masalah dalam hubungan sosial. Hal ini karena 'sombong' berlebihnya membuat orang lain di sekitar malah merasa terganggu dan kesal.

"Orang yang mengalami gangguan narsisistik cenderung tidak menyadari bahwa dirinya mengalami narsisistik sampai ia mengalami masalah relasi yang berulang," ujar dr Alvina dalam keterangan pers yang diterima detikcom pada Kamis (21/11/2019).



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)