Jumat, 22 Nov 2019 07:39 WIB

Viral Cucu Tendangi Kakeknya, Marah Tak Terkendali Tanda Gangguan Jiwa?

Firdaus Anwar - detikHealth
Pelaku dan korban dimintai keterangan di Polsek Limbangan, Kendal. (Foto: Istimewa) Pelaku dan korban dimintai keterangan di Polsek Limbangan, Kendal. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Nama Youtuber Iyus Sinting viral ketika beredar video dirinya marah-marah, menendang kakek sendiri. Pria bernama asli Yusminardi (22) itu mengaku menyesal dan telah meminta maaf kepada sang kakek, Wasidi (65).

"Langsung nyesel saya, bertahun-tahun ikut Mbah, kok saya main tangan, nyesel saya," ucapnya saat diperiksa di Mapolres Kendal, Kamis (21/11/2019).

Iyus mengaku emosi menendang dan memukuli sang kakek karena mengetahui ada ikan beserta pakannya di bak mandi. Namun selain itu dirinya juga mengaku sedang menghadapi masalah lain yang juga mungkin membuat dirinya mudah tersulut.


"Marahnya bukan (hanya) gara-gara itu. Memang lagi banyak masalah," akunya.

Terkait hal tersebut psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ, dari Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor pernah menjelaskan tentang gangguan kesulitan mengendalikan emosi meledak-ledak. Menurutnya bila hal ini terjadi berulang dan terus-menerus maka sebaiknya segera konsultasi pada profesional karena bisa jadi tanda gangguan jiwa.

"Beberapa gangguan kejiwaan seperti gangguan mental dan perilaku akibat penyalahgunaan zat, skizofrenia, gangguan bipolar, depresi, juga memiliki tanda dan gejala marah yang tidak terkontrol," kata dr Lahargo beberapa waktu lalu.

"Marah yang terlalu hebat dan terus menerus berulang jelas akan sangat mengganggu. Lakukan anger management (manajemen marah) untuk dapat mengontrol marah agar tidak terjadi hal yang merugikan," lanjutnya.

Iyus sendiri menjalani pemeriksaan di Mapolres Kendal. Kasat Reskrim Polres Kendal AKP Nanung Nugroho mengatakan peristiwa dalam video terjadi pada 17 November 2019 di rumah mereka di Dusun Delesari, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)