Jumat, 22 Nov 2019 09:51 WIB

Youtuber Iyus Sinting Tendang Kakek, Ini Tips Ahli Cara Kendalikan Emosi

Firdaus Anwar - detikHealth
Iyus kesal karena ada ikan dan pakannya di bak mandi. (Foto: Tangkapan layar video viral di Instagram) Iyus kesal karena ada ikan dan pakannya di bak mandi. (Foto: Tangkapan layar video viral di Instagram)
Jakarta - Youtuber Iyus Sinting viral karena beredar videonya sedang marah-marah menendang kakek sendiri. Saat diperiksa oleh polisi, pria yang bernama asli Yusminardi (22) itu mengaku kesal karena mengetahui ada ikan beserta pakannya di bak mandi.

Iyus kini menyesal telah menganiaya kakeknya sendiri. Ia mengaku sedang menghadapi banyak masalah yang membuat emosinya mudah tersulut.

"Marahnya bukan (hanya) gara-gara itu. Memang lagi banyak masalah," kata Iyus di Mapolres Kendal, Kamis (21/11/2019).


Terkait hal tersebut ahli kesehatan jiwa dr Andri, SpKJ, dari RS Omni Alam Sutera membagikan tips bagaimana caranya untuk bisa lebih baik menjaga emosi. Pertama bisa dimulai dengan belajar dari orang-orang di lingkungan sekitar bagaimana bersabar dan menjauhi paparan konten negatif di internet.

Lalu setelah itu saat dihadapi dengan situasi yang membuat emosi, coba kendalikan dengan mengatur pola bernapas.

"Kalau memang misalnya ada sesuatu yang tidak senangi atau sukai maka upayakan dulu apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi hal tidak nyaman tersebut," kata dr Andri pada detikcom dan ditulis Jumat (22/11/2019).

"Kalau rasanya kepengen marah coba pelan-pelan tahan tarik napas dalam-dalam keluarin pelan-pelan. Tarik napas dalam-dalam keluarin pelan-pelan. Itu bisa kita lakukan kalau kita lagi kesel sekali," lanjutnya.

dr Andri sendiri menyayangkan viralnya video Iyus yang menendang sang kakek. Menurutnya konten video semacam ini adalah salah satu contoh konten negatif yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh banyak orang.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)