Jumat, 22 Nov 2019 16:31 WIB

Perlu Tahu! Perut Kembung dan Sakit Lambung Bisa Jadi Gejala Depresi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi sakit lambung bisa jadi tanda depresi. Foto: Istock Ilustrasi sakit lambung bisa jadi tanda depresi. Foto: Istock
Jakarta - Sakit di bagian lambung pastinya bisa dialami oleh semua orang. Entah itu maag, asam lambung naik, atau sekedar kembung biasa. Tapi, apa kamu tahu kalau sakit lambung bisa menjadi bagian dari gejala depresi?

"Gejala umum yang paling sering terjadi dan terkait dengan depresi adalah keluhan sakit di bagian lambung atau biasanya kembung," kata dr Andri, SpKJ, FACLP, psikiater di Klinik Psikosomatik RS OMNI yang ditemui detikcom di kawasan Menteng, Jumat (22/11/2019).

Namun, sebelum ditangani oleh dokter kejiwaan, gejala lambung yang timbul harus di atasi terlebih dahulu, baik dengan obat ataupun pemeriksaan endoskopi. Gejala ini diobati paling lama hingga 2 bulan, dan baru terlihat hasilnya, hanya sakit lambung biasa atau gejala lagi depresi.



dr Andri mengatakan, antara depresi dan lambung memiliki kaitan yang erat. Di dalam ilmu kedokteran, ada istilah poros lambung otak. Hal ini menggambarkan keterikatan antara lambung dengan otak yang bersatu dalam satu poros.

"Contohnya, gerakan peristaltiknya mengalami perubahan atau asam lambung yang tiba-tiba naik. Apalagi jika itu terjadi di saat-saat kamu stres, perlu diwaspadai kalo itu gejala depresi," jelasnya.

dr Richard Budiman, SpKJ(K) selaku Direktur Utama RSJ Dharmawangsa mengatakan bahwa sakit lambung karena gejala penyakit kejiwaan atau murni penyakit lambung, bisa dilihat dari seberapa seringnya hal itu terjadi. Selain itu, waktu kambuhnya selalu sama.

"Kalau sering merasa kembung di saat-saat tertentu, seperti saat ngejar deadline atau saat kamu stres, bisa jadi terkait dengan gangguan kejiwaan, depresi ataupun psikosomatis. Segera konsultasi ke dokter yang memang sudah mumpuni di bidang tersebut" ujar dr Richard.

dr Richard juga menyarankan, agar tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya dalam mengobati gejalanya, coba untuk evaluasi sendiri. Apakah sakit lambung itu terjadi di saat tertentu atau hanya sakit biasa yang bisa hilang dengan cepat. Jika terjadi terus-menerus, segera konsultasi ke dokter ahli kejiwaan.



Simak Video "Gemerlap Dunia Selebriti dan Jurang Gelap Depresi"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)