Sabtu, 23 Nov 2019 10:11 WIB

Konsumsi Laktosa Rendah agar Pencernaan di Hari Tua Lancar

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Gangguan pencernaan dapat dialami oleh siapa saja, termasuk lansia. Seiring bertambahnya usia ragam penyakit lain seperti konstipasi, diare dan kembung kerap kali terjadi pada usia 60-an ini. Bisa dibilang faktor gaya hidup dan keturunan bisa jadi sebab terjadi masalah-masalah tersebut.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur salah satu masalah kesehatan gangguan pencernaan pada orang tua yang paling umum terjadi adalah intoleransi laktosa atau tidak tahan terhadap gula susu. Ia menyebut hampir 60% orang tua di atas 60 tahun mengalami hal ini.

"Sehingga orang sering menganggap (para lansia) alergi pada susu, padahal ini hal yang berbeda. Penyebab intoleransi laktosa ini karena saluran cerna nya sudah lama tidak minum susu. Itu karena saat mudanya jarang minum susu maka cenderung terjadi intoleransi laktosa ini," ujar dr Muliaman baru-baru ini kepada detikHealth.


Dia menilai orang tua jarang yang alergi protein susu sapi karena sudah toleran, tapi laktosa intoleran angkanya cukup banyak. Gejalanya adalah setelah minum susu biasanya perutnya akan begah, kembung dan kadang diare. Sehingga mereka tidak mau minum susu.

Untuk itu, pada saat usia lanjut seperti ini, tubuh membutuhkan makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

"Susu adalah nutrisi terbaik buat orang tua, maka cara mengatasi intoleransi laktosa ini adalah jangan mengkonsumsi susu yang ada tau tinggi laktosa nya, pilih susu yang low atau free laktosa, sehingga tidak akan ada gejala diare, kembung dan mencret saat minum susu," jelasnya.


"Kalau masih takut bisa satu gelas dibagi 2, setengah diminum lagi setengah jam kemudian. Jangan minum susu saat perut terlalu kosong, makan roti sedikit atau makanan ringan lain, kalau beberapa kali ini dicoba maka sudah bisa mengkonsumsi susu langsung 1 gelas berikutnya,"

Asupan Susu Entrasol Senior bisa jadi alternatifnya, sebagai pengganti makan, susu ini memiliki nutrisi tinggi protein yang lengkap gizi dengan formula Procare, yaitu makro dan mikronutrien sebagai pengganti makan untuk memenuhi nutrisi di usia lanjut, tidak hanya itu susu ini juga rendah laktosa sehingga aman untuk pencernaan di usia 60 tahun ke atas.

Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)