Sabtu, 23 Nov 2019 19:10 WIB

Kekurangan Nutrisi Saat Hamil Bisa Sebabkan Stunting Pada Anak

Faidah Umu - detikHealth
Foto: Faidah Umu Sofuroh
Jakarta - Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Pada momen ini, Bunda pasti menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati, termasuk dalam hal kebutuhan gizi dan nutrisi.

Pakar Obstetri dan Ginekologi, dr. Ulul Al-Bab, mengatakan ada kebutuhan nutrisi yang luar biasa pada ibu hamil. Sebab, kebutuhan nutrisi itu tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk si bayi dan proses kehamilan.

"Ada suatu penelitian menyebutkan bahwa status gizi bumil akan menentukan bagaimana kehamilan dan kondisi anak saat nanti lahir. Status gizi ibu juga sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan janin," ucapnya dalam acara Mom's Mingle, di Tangerang, Sabtu (23/11/2019).


Menurutnya, ibu hamil sangat membutuhkan makro dan mikro nutrien. Kedua nutrisi ini sama-sama penting dan saling men-support. Makro nutrien merupakan zat gizi yang banyak menyumbangkan energi pada tubuh seperti karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan mikro nutrien merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil seperti zat besi, magnesium, garam, vitamin, dan sebagainya.

Ia menganjurkan bagi ibu yang sedang dalam proses kehamilan harus selektif dalam memilih memakan makanan, minuman serta vitamin yang dikonsumsi. Harapannya, makanan, minuman, serta suplemen maupun vitamin yang dikonsumsi memiliki nutrisi yang lengkap.

"Jadi apapun jenis makanan, suplemen, vitamin, tolong benar-benar dilihat apakah itu lengkap atau tidak. Karena jika makronya kurang, atau mikronya kurang atau bahkan keduanya sama-sama kurang, itu bisa mengakibatkan stunting pada anak. Jadi jangan salah, pemicu stunting itu bukan hanya dari saat bayi itu lahir, justru sejak bayi masih ada di dalam kandungan," terangnya.

Memahami pentingnya kehamilan, PRENAGEN bersama Kalbe Family menghadirkan acara Mom's Mingle bertema 'Kompak Menyambut Kelahiran Si Kecil'. Acara ini juga diadakan sekaligus dengan peluncuran dua inovasi terbaru PRENAGEN yakni PRENAGEN Yogurt dan PRENAGEN UHT Almond Soya.


"Prenagen merupakan produk KALBE Nutritionals yang mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi calon ibu yang memiliki range produk yang lengkap dari mulai masa persiapan, masa kehamilan, hingga masa menyusui," ungkap Group Business Unit Head Woman Nutrition KALBE Nutritionals, Sinteisa Sunarjo.

Dengan diluncurkannya 2 produk baru, PRENAGEN ingin memantapkan posisinya sebagai market leader kebutuhan ibu hamil dan menyusui. Ia mengatakan bahwa PRENAGEN Yogurt rasa strawberry blush merupakan yogurt bubuk pertama di Indonesia dengan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil, yang terdiri dari asam folat, zat besi, asam folat, vitamin B6 & protein, kalsium & vitamin D, dan omega 3.

"Sedangkan PRENAGEN UHT Almond Soya, merupakan produk UHT Almond Soya pertama di Indonesia yang memiliki kandungan nutrisi sumber asam folat, sumber zat besi sumber vitamin D3, dan juga sumber kalsium,"

Dengan nutrisi yang ada di dalam produk PRENAGEN, dapat menjadi pelengkap untuk memenuhi energi dan zat gizi ibu hamil dan calon buah hati.

Simak Video "Usai Itaewon, E-Commerce di Bucheon Jadi Klaster Corona Baru Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)