Minggu, 24 Nov 2019 07:47 WIB

Nggak Usah Takut Gendut, 8 Asupan Ini Dijamin Rendah Kalori

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tagut gemuk? berikut pilihan makanan rendah kalori yang bisa dipilih. (Foto: iStock)
Jakarta - Kalori adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Kalori dapat ditemukan di hampir semua jenis makanan dan minuman. Beberapa makanan tertentu punya kalori yang sangat tinggi dan juga rendah.

Mengonsumsi makanan berkalori tinggi tentunya akan menyebabkan kegemukan bila tak dibarengi dengan olahraga teratur. Perlu dicatat, kebutuhan kalori per hari untuk wanita sekitar 1.800-2.000 kalori sementara pria 2.000-2.500 kalori.

Namun tak jarang kita makan terlalu banyak kalori dalam sekali makan. Sebagai contoh, meski tak makan nasi tapi banyak jajan ditambah minum kopi kekinian, dalam sehari tubuh bisa mengasup sampai 3.000 kalori.

Jadi bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau masih ingin makan banyak tapi takut gemuk, berikut pilihan makanan rendah kalori yang bisa Anda pilih. Berikut di antaranya dikutip dari Healthline.


1. Brokoli

Brokoli dipercaya sebagai salah satu sayuran yang paling bergizi. Brokoli bahkan dapat membantu melawan sel-sel kanker.

Satu cangkir brokoli sekitar 91 gram hanya memiliki 31 kalori dan lebih dari 100 persen jumlah vitamin C yang dibutuhkan setiap orang per hari.

2. Kuah sup

Ada banyak jenis kuah sup atau kaldu, termasuk ayam, sapi, dan sayuran. Kuah sup bisa dimakan sendiri atau ditambahkan berbagai macam isian lainnya.

Bergantung pada jenis kaldu, satu mangkuk kuah sup atau biasanya sekitar 240 ml, hanya mengandung 7-12 kalori.

3. Wortel

Wortel adalah sayuran yang populer. Kebanyakan orang mengatakan penglihatan mereka membaik dengan makan wortel karena kaya akan beta-karoten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A.

Satu porsi wortel atau sekitar 128 gram, hanya mengandung 53 kalori dan lebih dari 400 persen vitamin A.

4. Jeruk bali

Meski asam, masih banyak orang yang suka makan jeruk bali. Buah ini dapat dimakan langsung atau dinikmati bersama yogurt dan salad.

Bahkan senyawa dalam jeruk bali dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan metabolisme. Dalam setengah jeruk bali, hanya ada 52 kalori di dalamnya.

5. Stroberi

Studi menunjukkan bahwa makan buah stroberi dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Ada kurang dari 50 kalori dalam satu cangkir stroberi.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki aroma dan rasa yang kuat dan digunakan secara luas dalam masakan untuk menambah rasa pada hidangan. Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk berbagai penyakit.

Penelitian menunjukkan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan melawan infeksi atau bahkan kanker. Satu siung bawang putih hanya mengandung 5 kalori.

7. Mentimun

Mentimun adalah sayuran menyegarkan yang biasa ditemukan dalam salad dan lalapan. Karena sebagian besar mentimun adalah air, mereka sangat rendah kalori. Satu buah mentimun atau sekitar 25 gram hanya memiliki 8 kalori.

8. Kopi, teh, air putih

Beberapa minuman sangat rendah kalori, terutama ketika Anda tidak menambahkan apa pun. Air putih mengandung 0 kalori. Sebagian besar teh memiliki kalori sangat sedikit hingga nol sedangkan kopi hitam hanya memiliki 2 kalori per cangkirnya.

Memilih minuman ini daripada minuman dengan tambahan gula, krim atau jus dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori.



Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)