Senin, 25 Nov 2019 07:04 WIB

Lutut Nyeri Saat Bangun Pagi Ini? Redakan dengan 5 Cara Alami Berikut

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi nyeri sendi saat bangun tidur. Foto: thinkstock Ilustrasi nyeri sendi saat bangun tidur. Foto: thinkstock
Jakarta - Nyeri lutut merupakan keluhan yang sering dialami oleh orang dari berbagai macam usia. Entah karena cedera atau penyakit tertentu, nyeri lutut bisa mengganggu aktivitas harian, dan bahkan menjadi masalah jangka panjang bagi orang-orang tertentu, seperti lansia.

Tak peduli seberapa parah kondisi nyeri lutut yang kamu alami pagi ini, ada beberapa cara alami untuk meredakannya yang bisa kamu lakukan di rumah. Melakukan olahraga low-impact seperti yoga juga bisa membantu, dan jangan lupa untuk memeriksakan ke dokter apabila rasa nyeri tersebut masih terasa meski sudah melakukan hal-hal berikut ini:



1. Pijat dengan minyak

Dikutip dari Times of India, pijatan merupakan cara terbaik untuk meredakan nyeri di lutut dan sendi. Menggunakan minyak esensial, seperti minyak zaitun atau kutus-kutus, lebih efektif. Beberapa studi juga menyarankan memijat menggunakan minyak esensial jahe dan jeruk, untuk melepaskan ketegangan dan mengurangi nyeri di bagian yang sakit.

2. Kompres dingin dan panas

Baik kompres dingin maupun panas, keduanya sangat bermanfaat untuk meredakan gejala nyeri di lutut. Namun memilih mana yang tepat bergantung dari tipe nyeri yang kamu alami. Jika ada inflamasi atau luka, hindari kompres hangat karena justru malah bisa memperburuk, gunakan terapi hangat jika nyeri terasa dari bagian dalam. Kompres dingin pada umumnya digunakan pada cedera yang disebabkan karena olahraga.

3. Cuka apel

Beberapa studi menyebutkan bahwa cuka apel memiliki kandungan ant-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri kronis seperti arthritis, atau radang sendi yang bisa menyebabkan nyeri di lutut. Meminum campuran setengah gelas cuka apel dan setengah gelas air tiap hari sebelum tidur bisa membantu mengembalikan pelumas di sendi, sehingga meredakan rasa nyeri dan membuatmu semakin mudah menggerakkan kaki.

4. Jahe

Minyak jahe, ekstrak jahe, atau bahkan jahe mentah sangat baik untuk lutut. Rempah umum satu ini mengandung gingerol yang merupakan anti-inflamasi alamiah. Minum teh jahe dua kali tiap hari untuk meredakan nyeri lutut.

5. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu ajaib yang dikenal sejak lama akan manfaatnya untuk pengobatan, karena kandungan curcumin atau anti-inflamasi alamiahnya yang kuat. Curcumin dapat meredakan gejala nyeri sendi dan inflamasi. Campur jahe dan kunyit dalam segelas air dan rebus selama 12-15 menit, dan minum campuran ini setiap hari untuk meredakan rasa nyeri di lutut.



Lutut Nyeri Saat Bangun Pagi Ini? Redakan dengan 5 Cara Alami Berikut


Simak Video "Tips Kurangi Rewel Bayi dengan Pijatan Lembut"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)