Senin, 25 Nov 2019 16:12 WIB

Viral Cerita Kru Pesawat Patah Tulang, Berusaha Angkat Tas Penumpang

Firdaus Anwar - detikHealth
Beberapa maskapai punya aturan melarang barang berat dibawa masuk ke kabin pesawat. (Foto ilustrasi: Irwan Nugroho/detikcom) Beberapa maskapai punya aturan melarang barang berat dibawa masuk ke kabin pesawat. (Foto ilustrasi: Irwan Nugroho/detikcom)
Jakarta - Di media sosial viral cerita tentang risiko cedera yang bisa dihadapi pramugara/pramugari maskapai penerbangan. Satu akun pengguna Twitter, @okedkama, secara spesifik berbagi tentang pengalaman teman yang krunya sampai patah tulang tertiban tas penumpang.

@okedkama mengunggah tangkapan layar Instagram Story dari seseorang yang diidentifikasi dengan sebutan "Mommy". Dalam cerita, Mommy menyebut bahwa krunya berusaha menolong penumpang mengangkat tas dari kompartemen kabin di atas kepala.

"Crew dah patah tangan sebab tolong passenger angkat bag kt overhead compartment, bag tu jatuh and tangan crew patah.. Gais.. kalau rasa tak boleh angkat sendiri, chek in bag tu.. kami TAK DIBENARKAN angkat bag korang," tulis Mommy seperti diunggah oleh @okedkama pada 23 November lalu.


"Berapa banyak crew nak slip disc, patah sana sini," lanjutnya.

Hingga artikel ini dibuat, unggahan tersebut sudah di-retweet lebih dari 11 ribu kali dan mendapat 7 ribu like. Cukup ramai netizen menanggapi turut memberikan pengalamannya.

"Bayangkan satu kali nak boarding paling2 ada angkat satu beg. Satu hari berapa kali boarding flight ada? Satu bulan? Beg bukan ringan," komentar pengguna Twitter lain.

Menurut dr Andri Primadhi, SpOT, dari Divisi Foot and Ankle Departemen Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, kebiasaan mengangkat barang berat yang salah dapat memicu masalah saraf terjepit. Dalam dunia medis dikenal sebagai HNP alias Herniated Nucleus Pulposus.

Saraf terjepit terjadi ketika materi dari nucleus pulposus (bagian dari diskus atau bantalan antar ruas-ruas tulang belakang) menonjol ke jaringan sekitarnya. Biasanya akibat tekanan berlebih pada tulang belakang.

Viral Cerita Kru Pesawat Patah Tulang, Berusaha Angkat Tas Penumpang




Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)