Senin, 25 Nov 2019 19:14 WIB

7 Manfaat Tidur Telanjang Menurut Ahli, Salah Satunya Awet Muda

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tidur telanjang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: thinkstock) Tidur telanjang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Tidur baik sendirian maupun dengan pasangan memerlukan kualitas yang lebih baik untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Beberapa ahli menyebutkan tidur tanpa busana alias telanjang bisa memberikan manfaat kesehatan tertentu pada tubuh.

Dirangkum dari Women's Health, berikut adalah 7 manfaat tidur telanjang menurut ahli. Tak perlu malu untuk melakukannya!


1. Tidur lebih cepat

Menurut National Sleep Foundation, jumlah waktu yang kamu butuhkan untuk bisa terbangun hingga tertidur disebut 'sleep onset latency' (SOL) memiliki dampak langsung pada kepuasan tidur dan waktu tidur.

Cara untuk mengurangi SOL adalah dengan menurunkan suhu tubuhmu, dan ketika suhu tubuh turun akan memberi sinyal pada otak bahwa kini waktunya untuk tidur. Cara termudah adalah dengan tidur tanpa baju.

2. Tidur lebih nyenyak

Menurunkan suhu tubuh tak hanya membantumu untuk tidur lebih cepat, namun juga lebih nyenyak. Ahli kesehatan tidur Dr W Christopher Winter, MD, mengatakan ada banyak manfaat kesehatan saat kita tidur nyenyak, dan tidur telanjang bisa membantu mendapatkannya.

Dr Winter menyebutkan bahwa suhu yang kondusif untuk tidur adalah 18 derajat celsius. Suhu tubuh berubah cukup sering selama malam hari, sehingga lebih mudah untuk memulai tidur dengan tanpa busana. Karena dengan ini membantumu untuk mengendalikan suhu dengan selimut ketimbang harus menggonta-ganti pakaian dan mengganggu tidur.

3. Mengurangi cemas dan stres

Oksitosin yang terlepas melalui kontak kulit dengan kulit memiliki efek pengurangan stres. Walaupun manfaat ini tidak berlaku bagi yang tidur sendirian, Dr Winter menyebut hal ini sangat baik bagi pasangan suami isteri.

Semakin rileks dengan lingkungan tempat kamu tidur, maka semakin besar kemungkinan kamu tidur semakin nyenyak. Saat tidur nyenyak, tubuh memproduksi hormon stres kortisol lebih dikit, jelas Dr Winter. Stres bisa berdampak pada banyak sistem tubuh, sehingga menguranginya bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko akan stroke atau serangan jantung.

4. Memperbaiki kesehatan vagina

Menurut Dr Winter tidur tanpa busana memberikan vagina kesempatan untuk 'bernapas' dan tentu saja bisa membantu kesehatannya. Karena celana dalam yang ketat dan penuh dengan keringat bisa membuatmu berisiko terkena infeksi jamur karena umumnya jamur tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab.


5. Menguruskan badan

Turunnya suhu tubuh saat kita tertidur nyenyak tanpa busana rupanya juga meningkatkan risiko kita menurunkan berat badan, kata Dr Winter. Agak sedikit membuat kamarmu lebih dingin akan memaksa tubuh untuk menghabiskan energi lebih banyak untuk bisa menjaga tubuh tetap hangat, sehingga membantumu untuk membakar kalori.

6. Awet muda

Dibandingkan setumpuk serum atau produk perawatan kulit yang kamu pakai di wajahmu sebelum tidur, tidur telanjang lebih manjur untuk membuatmu tampak awet muda. Karena tidur yang nyenyak sangat penting untuk sekresi hormon pertumbuhan manusia. Selain membantu pertumbuhan kita, Dr Winter menyebutkan hormon ini juga vital untuk melawan infeksi, pemulihan, dan tentu saja, membuat kita jadi awet muda.

7. Semakin percaya diri

Tidur telanjang merupakan cara terbaik untuk lebih nyaman dengan tubuh kita sendiri dan membangun rasa percaya diri dalam prosesnya. Satu studi menyimpulkan bahwa tidur telanjang dalam semalam bisa memperbaiki caramu memandang diri sendiri dan juga rasa percaya diri. Rasa percaya diri tak hanya membuatmu lebih bahagia, namun juga membantumu lebih sukses.



Simak Video "Rahasia Luna Maya Selalu Tampil Awet Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)