Selasa, 26 Nov 2019 10:08 WIB

Perbanyak Kacang dan Biji-bijian untuk Sarapan Bisa Cegah Serangan Jantung

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi kacang-kacangan dan biji-bijian. Foto: thinkstock Ilustrasi kacang-kacangan dan biji-bijian. Foto: thinkstock
Jakarta - Riset Kesehatan Dasar 2018 (Riskesdas) menunjukkan pengidap penyakit jantung di Indonesia sebanyak 1,5 persen, artinya 15 dari 1.000 penduduk Indonesia mengidap penyakit jantung. Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung bisa dicegah sejak awal tentunya.

Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Advances in Nutrition, peneliti di studi ini menyebutkan makanan tersebut bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, jantung koroner, dan tekanan darah tinggi.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengkaji studi kohort prospektif yang menilai konsumsi kacang-kacangan pada risiko penyakit kardiometabolik dan penanda terkait. Ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang dan biji-bijian menurunkan angka kejadian pada ketiga penyakit tersebut sebanyak 10 persen lebih tinggi dibanding mereka yang sedikit mengonsumsi.



"Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian terbanyak dan paling mahal di dunia. Studi ini menunjukkan bahwa cemilan yang mudah ditemukan, tidak mahal, dan umum bisa membantu mengubahnya: kacang-kacangan," kata rekan penulis Hana Kahleova, MD, PhD, ketua riset klinis untuk Physicians Committee for Responsible Medicine.

Mengungkap alasan di balik ini, para peneliti mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya bermanfaat bagi kesehatan jantung karena mereka tinggi serat, protein nabati, dan zat gizi mikro lainnya. Dan juga rendah lemak, bebas kolesterol, dan rendah indeks glikemik.

"Hanya dengan menambah kacang-kacangan ke dalam piring kita bisa menjadi alat yang kuat untuk melawan penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah," pungkasnya.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)