Selasa, 26 Nov 2019 11:05 WIB

Tanggapi Tompi Soal Suntik Silikon, Cucu Mak Erot Pastikan Metodenya Alami

Syahdan Alamsyah - detikHealth
Menurut Tompi, praktik suntik silikon yang berbahaya paling sering menjual nama Mak Erot (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Menurut Tompi, praktik suntik silikon yang berbahaya paling sering menjual nama 'Mak Erot' (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Bandung - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebut soal wisata kebugaran, ia mencontohkan pijat tradisional bisa jadi keunikan untuk turis. Terawan juga menyebut nama Mak Erot.

Hal itu juga mendapat komentar dari musisi sekaligus dokter bedah plastik Teuku Adifitrian alias dr Tompi. Dalam wawancara dengan 20detik, Tompi berharap apa yang diucapkan Menkes Terawan hanya sebatas candaan.

"Saya berharap itu bercanda sih, saya rasa beliau itu belum tahu 'Mak Erot' itu ngapain. Karena kita sebagai dokter bedah plastik cukup sering mendapatkan korban-korban 'Mak Erot'. Saya enggak tahu ya Mak Erot yang dimaksud apakah Mak Erot yang sama atau enggak, tapi bisa aja kan kita ngomong orang yang berbeda," kata Tompi, Senin (25/11/2019).

Tompi menyebut ada korban-korban suntik silikon cair ke penis dan paling sering menjual nama Mak Erot.

"Jadi pada dasarnya enggak mungkin diurut-urut tiba-tiba jadi gede itu enggak mungkin. Ternyata ada sesuatu yang dimasukkan itu suntik silikon, secara tidak sadar lagi diurut-urut begitu dia nyuntikin sesuatu," lanjutnya.



[Gambas:Video 20detik]



Dikonfirmasi detikcom, Alip Abdillah salah seorang cucu Mak Erot menduga Mak Erot yang dimaksud Tompi adalah 'Mak Erot' yang abal-abal. Alip menjamin sebagai pewaris kepiawaian Mak Erot tidak ada bahan kimia yang disuntikan saat tamu menjalankan pijat tradisional.

"Mas Tompi ini kan dia berbicara dalam kaidah medis sesuai latar belakangnya selain itu beliau juga artis, saya hargai pendapat itu. Beliau juga kan belum tahu Mak Erot yang dimaksud itu yang mana, makanya silahkan datang ke kami di kampung halaman Mak Erot karena tak kenal maka tak sayang," kata Alip kepada detikcom, Selasa (26/11/2019).

Almarhumah Mak Erot dan terapinya yang legendaris.Almarhumah Mak Erot dan terapinya yang legendaris. Foto: (Syahdan Alamsyah/detikcom)


Menurut Alip, kepiawaian almarhumah neneknya merupakan warisan turun temurun. Secara medis memang sulit membuktikan sesuatu yang di luar logika, namun faktanya memang ada. Ia mencontohkan soal pijat tradisional patah tulang, bagaimana tulang yang patah bisa diperbaiki hanya dengan melalui teknik pemijatan.

"Banyak sebetulnya contoh, orang patah tulang kaki misalnya lalu hanya dengan teknik tradisional bisa sembuh dan normal lagi kalau di tangan yang tepat. Atau coba ke Banten atau beberapa daerah lain, ada ilmu kanuragan yang membuat orang kebal senjata tajam hanya dengan mantra dan doa-doa," jelas Alip.

Sebagai generasi penerus ilmu Mak Erot Alip menyebut bahan yang ia gunakan asli alami tanpa kimia. Beberapa jamu dan ramuan lain untuk menunjang pemijatan juga diberikan kepada mereka yang datang.

"Asli alami, ada juga rempah yang memang khasiatnya mengembalikan stamina dan kebugaran pria. Pemijatan juga tidak sembarangan, ada teknik dan titik yang saya pelajari dari Emak. Selain itu ada juga mantra dan doa melalui lelaku ritual yang saya jalani untuk menguasai semua itu tidak hanya saya tapi juga cucu almarhumah emak yang memang mewarisi itu langsung dari sumbernya," tandasnya.



Simak Video "Ragam Jasa 'Permak' Mr P Selain Mak Erot"
[Gambas:Video 20detik]
(sya/up)