Selasa, 26 Nov 2019 13:34 WIB

Polisi Temukan Memo Pesimistis Goo Hara, Apa Bisa Jadi Tanda Depresi?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Polisi temukan memo pesimistik di kediaman Goo Hara. Foto: istimewa Polisi temukan memo pesimistik di kediaman Goo Hara. Foto: istimewa
Jakarta - Artis Goo Hara yang meninggal dunia pada Minggu (24/11) waktu Korea Selatan, sangat menggemparkan dunia Kpop. Tak hanya keluarga, teman bahkan sahabat dekatnya juga terkejut dengan kabar tersebut. Sebelumnya, kasus kematiannya telah diusut oleh pihak kepolisian untuk menemukan petunjuk tentang kematiannya.

Belum lama ini, dikutip dari laman Koreaboo, pihak kepolisian menemukan memo kecil yang ditulis dengan tulisan tangan di kediaman Goo Hara. Memo tersebut berisi negative tought atau pemikiran negatif Goo Hara terhadap dirinya sendiri.

"Surat itu sangat pendek dan ditemukan di meja ruang tamu," kata pihak kepolisian.

Selain itu, pihak kepolisian juga menganalisis CCTV yang ada di rumah Goo Hara untuk memastikan tidak ada tuduhan kejahatan dalam kasus ini. Pihak keluarga juga meminta agar jenazah dari Goo Hara tidak diautopsi.


Pemikiran negatif umumnya pernah dialami oleh kebanyakan orang. Namun, sebagai orang awam, kita tidak akan tahu kapan pemikiran itu akan berkembang menjadi tanda dari gangguan mental seperti depresi.

Dikutip dari Psychology Today, emosi dan pemikiran negatif mudah muncul saat seseorang merasa tertekan karena suatu hal. Hal ini dapat dipicu berbagai hal, mulai dari pekerjaan, lingkungan, bahkan permasalahan lainnya yang menekan pikiran serta mental orang tersebut.

Sebuah penelitian mengungkapkan, semakin banyak tekanan emosi negatif dirasakan, maka risiko depresi juga kemungkinan besar bisa terjadi. Hal ini disebabkan karena stres ataupun rasa sedih yang berkepanjangan yang melepaskan hormon kortisol dalam tubuh.

Jika hormon tersebut berlebih, dapat mengganggu keseimbangan hormon di otak. Alhasil, keadaan ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, dan lain sebagainya.



Simak Video "Gemerlap Dunia Selebriti dan Jurang Gelap Depresi"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)