Selasa, 26 Nov 2019 22:15 WIB

Posisi Tidur Mencerminkan Kepribadian, Kamu Termasuk yang Mana?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Posisi tidur asal-asalan (Foto: iStock) Posisi tidur asal-asalan (Foto: iStock)
Jakarta - Untuk mengetahui kepribadian orang lain, ternyata bukan hanya melalui jenis musik ataupun pakaian yang digunakannya. Posisi saat tidur pun juga bisa menentukannya.

"Posisi tidur adalah alam bawah sadar, sehingga saat itu sangat mencerminkan emosi yang sedang kamu alami dan rasakan. Tak hanya itu, hubunganmu dengan orang lain juga bisa diketahui dari posisi tidur," kata Lillian Glass, pakar bahasa tubuh di Beverly Hills, California.

Ini dapat terjadi karena saat kamu tidur dan terlelap di alam bawah sadar, kamu tidak dapat mengendalikan tubuh untuk bergerak. Untuk itu, para ahli mengungkapkan ini agar orang-orang bisa tahu fakta tentang tidur mereka.

Berikut ini beberapa posisi tidur yang mencerminkan kepribadianmu yang dikutip dari Womenshealth.



1. Tidur tengkurap

Menurut ahli spesialis tidur, W Christopher Winter, MD, jika tidur dengan posisi tengkurap berarti kamu termasuk pribadi yang sedikit tertutup. Meskipun tidak baik untuk pernapasan, posisi tidur ini juga menggambarkan kamu sebagai orang yang tabah.

"Kamu merasa tertutup dan terlindungi seperti kura-kura dengan tempurungnya. Kamu adalah personal yang lebih tertutup," ujarnya.

2. Tidur terlentang atau berbaring

Jika tidur dengan posisi seperti ini melambangkan kamu sebagai pribadi yang terbuka untuk mengungkapkan atau menerima hal-hal tertentu. Meskipun terbuka, kamu merasa sangat nyaman dengan keterbukaanmu.

"Posisi tidur seperti ini menggambarkan kamu sebagai orang yang percaya diri. Saat tidur pun, kamu tidak memerlukan perlengkapan yang terlalu banyak, bahkan bisa tidur di mana saja," kata Winter.

Namun, posisi tidur seperti ini juga bisa mengartikan kamu sebagai orang yang sangat berhati-hati. Dengan posisi ini, mungkin membantu kamu dalam mendengar apa saja yang terjadi di rumah. Jadi kamu bisa langsung sigap untuk menanganinya.

3. Tidur meringkuk

Saat kamu tidur dengan posisi tidur meringkuk seperti bayi dalam rahim, mungkin kamu membutuhkan perlindungan. Menurut Lillian Glass, kamu termasuk ke dalam pribadi orang yang rentan secara emosional, sehingga berusaha melindungi dirimu dari dunia luar.

"Posisi ini dianggap sebagai posisi regresif. Saat ada trauma yang tidak bisa kamu tangani, kamu berusaha keras untuk berlindung," katanya.

4. Tidur miring ke samping

Kebanyakan orang sangat merasa nyaman dengan posisi tidur yang seperti ini. Dengan posisi ini dapat mempermudah kamu dalam bernapas.

Menurut Winter, orang yang tidur dengan posisi ini menunjukkan pribadi yang merasa nyaman dengan dunia luar. Orang tersebut tidak perlu menutupi atau terlalu terbuka juga pada lingkungan. Selain itu, mereka bisa menyeimbangkan keperluan pribadi ataupun bersama.

5. Sering mengubah posisi tidur

Saat kamu sering berganti posisi tidur, kamu mungkin sedang mengalami peperangan batin. Tubuh kamu sedang tidur, tapi tidak dengan pikiran dan batinmu.

Menurut ahli tidur, orang yang tidur dengan posisi seperti ini melambangkan ia sedang merasa gelisah. Winter mengatakan, mungkin mereka akan bergerak terus menerus dan akan tiba-tiba terbangun sambil menarik napas.

"Posisi tidur seperti ini juga bisa sedang menyesuaikan mimpi kamu. Tiba-tiba saat kamu terbangun, tempat tidurmu sudah sangat berantakan," jelas Glass.

Namun, posisi tidur ini juga bisa menggambarkan kamu sebagai pribadi yang sangat bersemangat di sepanjang harinya.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)