Rabu, 27 Nov 2019 05:30 WIB

Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks, Syamsir Alam Kok Ikut Disuntik?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Syamsir Alam menjalani vaksin HPV (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Syamsir Alam menjalani vaksin HPV (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Pesepakbola Syamsir Alam yang sebentar lagi akan menikah dengan pasangannya, Bunga Jelitha Ibrani, sadar bahwa menjaga kesehatan reproduksi sebelum menikah sangat penting untuk mencegah penularan penyakit kedepannya. Karenanya, ia melakukan vaksinasi HPV (Human Papilloma Virus) untuk memutus penularan kanker rahim bagi calon istrinya dan juga kanker anus bagi dirinya.

"Karena laki-laki itu membawa (virus HPV), dan saya nggak mau orang yang saya cintai meninggal karena kanker serviks," kata Syamsir, saat dijumpai di agenda Sehat Sebelum Nikah, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Dokter dan perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia, dr Venita Eng, Msc, menyebut selama ini vaksin HPV memang dikenal sebagai upaya cegah kanker pada perempuan. Tetapi vaksin ini juga bisa melindungi laki-laki dari sederet kanker yang ditularkan oleh virus HPV.



"Kalau pria bukan hanya membawa tapi bisa terinfeksi juga. Jadi semua berisiko, kita nggak bisa bilang kalau kita pasti terhindar. Kalau untuk laki-laki, virus hpv bisa menyebabkan banyak kanker pada laki-laki," kata dr Venita.

Adapun jenis kanker yang bisa diidap oleh pria jika terinfeksi HPV adalah kanker belakang mulut, kanker anus, dan paling banyak kutil kelamin. "Kalau laki-laki, dia bisa membawa masalah, bisa juga terkena masalah. Dengan vaksin harusnya bisa terproteksi," pungkas dr Venita.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)