Kamis, 28 Nov 2019 11:30 WIB

Selandia Baru Resmi Buka Bank Sperma Positif HIV Pertama di Dunia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi positif HIV. Foto: iStock Ilustrasi positif HIV. Foto: iStock
Jakarta - Bank sperma positif HIV pertama di dunia resmi diluncurkan dalam upaya mengurangi stigma yang dialami oleh para pengidap penyakit ini.

Sperm Positive, diinisiasi dengan tiga donor laki-laki Selandia Baru yang hidup dengan HIV tapi memiliki viral load (jumlah virus yang teramati) yang tidak terdeteksi. Artinya jumlah virus dalam darahnya sangat rendah sehingga HIV tidak dapat ditularkan melalui hubungan seks atau persalinan.

Nantinya, bank sperma ini akan menjelaskan kepada orang yang mencari donor bahwa pendonor memiliki HIV tapi sedang dalam pengobatan yang efektif sehingga tidak akan menularkan virus.



Peluncuran yang diinisiasi oleh New Zealand Aids Foundation, Positive Women Inc dan Body Positive ini berharap dengan pembukaan bank sperma postif HIV mampu menghapus stigma tentang penularan HIV tidak hanya pada masyarakat Selandia Baru tetapi juga seluruh dunia.

"Ketakutan akan stigma dan diskriminasi dapat menghentikan orang yang berisiko untuk dites, dan mereka yang hidup dengan HIV akan sulit mengakses pengobatan dan dukungan," sebut spesailis penyakit menular dan profesor dari Auckland University, dikutip dari The Guardian.

Selain memberi informasi kepada publik, klinik ini bertujuan untuk memberitahu pada pengidap HIV bahwa ada sarana untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan orang dengan HIV bisa punya anak tanpa takut buah hati mereka tertular penyakit yang sama.



Simak Video "Obat HIV/AIDS Tersedia Gratis untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)