Kamis, 28 Nov 2019 12:41 WIB

Jalani Fisioterapi, Begini Kondisi Netizen 'Budak Korporat' yang Viral

Rosmha Widiyani - detikHealth
Viral cerita netizen sakit karena kurang stretching saat bekerja. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta - Twitter diramaikan unggahan netizen, yang mengalami dampak buruk akibat tidak pernah stretching. Dia mengalami cervical syndrome yang mengakibatkan kepala dan lehernya terasa sakit.

"Nama penyakitnya adalah cervical syndrome, yang kena adalah syaraf leher lu. Jutaan orang tidak menyadari bahwa jita semua bisa aja kena cervical syndrome," tulis @Ame di Twitter yang juga mengunggah ceritanya di Instagram story @A.weso.me.


Saat dihubungi detikcom, @Ame atau Ame Maryunita mengatakan tengah menjalani fisioterapi. Sebanyak empat dari enam rangkaian fisioterapi sudah dijalani, selama libur dari pekerjaannya di sebuah agency.

"Sudah lebih baik dibanding sebelumnya. Masih ada dua fisioterapi lagi semoga bisa kembali sehat. Selain fisioterapi, obat juga belum boleh stop," kata Ame yang kini berusia 26 tahun.

Selain fisioterapi untuk leher dan kepala, Ame juga menjalani terapi untuk bahu kiri. Ame mengatakan, dia lebih sering tidur dengan posisi miring ke kanan. Akibatnya bahu Ame terasa sakit yang meningkatkan rasa tidak nyaman di leher dan kepala.


Rasa sakit di kepala dan leher kali pertama dirasakan pada 2016, namun hilang tahun 2017-2018 karena tidak intens berhadapan dengan laptop. Namun masalah kembali lagi dirasakan pada 2019 saat dirinya harus kembali sering bekerja menggunakan laptop.

Rasa sensasi tegang di kepala dan leher belakang kembali dirasakan Ame hingga akhir November 2019. Saat itu, Ame sempat mengiranya sebagai gangguan kolesterol atau meningitis. Ame masih sempat bekerja seperti biasa, sebelum akhirnya menjalani rawat inap di sebuah rumah sakit swasta.

Selama menjalani rawat inap, Ame baru menerima diagnosa penyakitnya. Hasil foto rontgen menunjukkan tulang leher Ame terlihat lebih lurus dibanding kondisi normal.

Ame berharap dirinya bisa segera beraktivitas normal seperti biasa usai menjalani terapi. Kepada rekan-rekan lain sesama pekerja, Ame mengingatkan untuk sering-sering stretching saat bekerja dengan laptop. Stretching tiap dua jam hanya selama lima menit bisa membantu mencegah cervical syndrome.



Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)