Kamis, 28 Nov 2019 13:04 WIB

5 Jenis Makanan Diet Golongan Darah O

Tasya Awlia - detikHealth
Diet Golongan Darah O. Foto: iStock Diet Golongan Darah O. Foto: iStock
Jakarta - Saat seseorang kesulitan memilih metode diet untuk menurunkan berat badan, diet golongan darah bisa menjadi alternatif pilihan. Nah, bagi pemilih golongan darah O, diet golongan darah O bisa dipilih.

Metode diet golongan darah ini digagas oleh seorang dokter naturopati bernama Dr. Peter D'Adamo. Dia percaya golongan darah dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Diet golongan darah O merupakan diet yang berfokus pada kebutuhan asupan tubuh sesuai dengan golongan darah. Sehingga asupan jenis makanan benar-benar harus diperhatikan



Berikut 5 Makanan Diet Golongan Darah O:

1.Daging dan Ikan

Daging dan ikan merupakan makanan yang cocok dikonsumsi oleh golongan darah O. Sebagai sumber protein hewani bisa memakan daging sapi, daging domba, daging sapi muda, ikan kod, ikan haring, tenggiri dan ikan kembung. Adapun daging yang tidak boleh dimakan yakni daging babi, salmon asap, ikan lele, dan gurita.

Daging dan ikan untuk diet golongan darah O.Daging dan ikan untuk diet golongan darah O. Foto: iStock


2. Sayuran

Sayuran yang dianjurkan untuk pemilik golongan darah O yakni sayuran berwarna hijau : kangkung, selada, dan brokoli. Adapun yang disarankan seperti bawang, lobak, labu, paprika dan rumput laut.Hindari sayuran seperti kol, jagung, terong dan jamur. Untuk mencegah pembekuan darah dan masalah pencernaan.

3. Buah

Buah bisa menjadi pencegah asam lambung bagi pelaku diet golongan darah O. Buah yang boleh dimakan yakni: ceri, buah plum, jeruk bali, raspberry, apel, anggur, pir, dan pisang 2 kali seminggu.


Adapun buah yang harus dihindari pada golongan darah O adalah melon, jeruk asam, blewah, buah kiwi, strawberry, dan blackberry.


4. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang dapat membantu golongan darah O yakni kacang kedelai, kacang hitam dan kacang merah.

Hindari kacang mete, kacang tanah dan selai kacang. Karena akan menyebabkan masalah pada kelenjar tiroid yang ada di leher.

Buah untuk diet golongan darah O. Buah yang perlu dihindari untuk diet golongan darah O. Foto: iStock


5. Minuman

Minuman yang baik dikonsumsi adalah air putih dan teh. Boleh meminum susu kedelai namun hanya sedikit saja.

Hindari minuman yang berkafein tinggi dan beralkohol.


5 Jenis Makanan Diet Golongan Darah OOlahraga untuk golongan darah O. Foto: iStock

Adapun olahraga untuk golongan darah O yakni aerobik, jogging dan bersepeda. Pantangan makanan harus dilaksanakan dan perhatikan jam makan. Semua harus dilakukan dengan seimbang agar diet berjalan dengan lancar.





Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)